-->
Home » » Penjelasan DDTK (Deteksi Dini Tumbuh Kembang) Anak Balita pada PAUD

Penjelasan DDTK (Deteksi Dini Tumbuh Kembang) Anak Balita pada PAUD

Blog PAUD kali ini akan menjelaskan sedikit tentang DDTK (Deteksi Dini Tumbuh Kembang) Anak Balita pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Apa yang dimaksud dengan Pendidikan Anak Usia Dini ini ..?? Mungkin sobat sudah tidak asing lagi yang namanya Pendidikan Usia Dini (PAUD).

Pendidikan Anak Usia Dini adalah merupakan suatu tugas orang tua, pendidik dan masyarakat untuk mrngoptimalkan tumbuh kembang anak sesuai dengan kemampuan yang dibawa anak sejak lahir sehingga anak menjadi cerdas dan sehat, namun harus selalu dipantau melalui deteksi dini tumbuh kembang anak secara rutin dan teratur agar tidak terlambat apabila terjadi masalah dengan tumbuh kembangnya.
Gambar Ilustrasi : Penjelasan DDTK (Deteksi Dini Tumbuh Kembang) Anak Balita pada PAUD

Apa yang dimaksud dengan Deteksi Tumbuh Kembang (DDTK)?


Yang dimaksud dengan Deteksi Tumbuh Kembang adalah suatu upaya yang dilakukan untuk menentukan penyimpangan tumbuh kembang anak sedini (seawal) mungkin. Agar tumbuh kembang anak berlangsung optimal yaitu anak menjadi sehat dan cerdas sesuai dengan kemampuan yang sudah dibawanya sejak dalam kandungan serta berperilaku baik.

Bagaimana Cara Mendeteksi ?


Cara Mendeteksi Anak Balita Usia Dini dengan cara mengamati secara cermat dan teratur tumbuh kembang anak, kemudian mencocokkan dengan gambar-gambar yang ada pada KMS dan kalender balita.

Apa yang dimaksud dengan Tumbuh Kembang anak?


TUMBUH (Pertumbuhan) adalah perubahan, bertambah besarnya ukuran tubuh anak yang dapat diukur yaitu : tinggi badan, berat badan.

KEMBANG (Perkembangan): adalah bertambah matangnya orgam tubuh sehingga dapat berfungsi, yaitu jantung dapat memompa darah keseluruh tubuh, anak menangis bila lapar.

PERTUMBUHAN & PERKEMBANGAN adalah proses berkesinambungan yang dinamis sejak konsepsi yang berlangsung secara bertahap teratur hingga dewasa. Terdapat variasi-variasi pada anak-anak normal, yang menunjukan reaksi aktif dari individu yang sedang tumbuh terhadap pengaruh faktor-faktor keturunan dan lingkungan yang sangat banyak dan beragam.

Bagaimana cara mengetahui pertumbuhan anak? 


Cara mengetahui Pertumbuhan Anak yaiut dengan cara mengukur secara berkala dan teratur: Berat badan, panjang/Tinggi badan, Linkar kepala, Lingkar lengan Atas.

Yang sering dipakai untuk menilai pertumbuhan anak adalah berat badan, karena mudah dikerjakan dan mudah berubah akibat dari suatu kelainan atau penyakit yang terjadi pada anak.

Penimabangan harus dilakukan secra teratur sebulan sekali, dan hasilnya dibuat grafik pada kalender balita/KMS

Bagaimana cara mengetahui perkembangan anak?


Perkembangan Anak dalam BKB dapat dinilai dengan mengamati kemampuan/kepandaian anak dalam hal :Gerakan kasar, gerakan halus, mengerti isyarat pembicaraan (komunikasi pasif), mengungkapkan dengan isyarat/kata-kata (komunikasi aktif), kecerdasan, menolong diri sendiri, bergaul.

Kapan pertumbuhan  anak dikatakan normal?


Pertumbuhan Anak dikatakan Normal, apabila grafik berat badan anak berada pada jalur warna hijau pada Kalender Balita/KMS atau sedikit diatasnya. Arah grafik harus naik dan sejajar mengikuti kelengkungan jalur warna hijau. Setelah anak ditimbang, ibu harus mencocokan secara teratur berat badan anak dengan gambar pertumbuhan anak (jalur lengkung berwarna hijau) pada kalender balita. Bila umur dan kemampuan atau kepandaian anak sesuai dengan yang tergambar pada Kalender Balita.

Demikian Penjelasan sederhana tentang DDTK (Deteksi Dini Tumbuh Kembang) Anak Balita pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Mudah-mudahan bermanfaat. Silahkan bagikan artikel ini pada sosial media yang sobat gunakan. Terimakasih 

Ditulis Oleh : Azzahra Assyifa ~ www.paudbfqnaskdb.blogspot.com

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang Penjelasan DDTK (Deteksi Dini Tumbuh Kembang) Anak Balita pada PAUD. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Facebook Admin! ::

0 komentar:

Post a Comment