Manfaat dan Pentingnya Musik Untuk Anak

Selamat siang para bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), mari kita sebentar menbaca Apa sih Manfaat dan Pentingnya Musik Untuk Anak ? artikel ini kami kutif dari sumber yang terpercaya, dan mudah-mudahan setelah membaca artikel ini kita bisa menerapkan bahwa musik sangat penting untuk diperkenalakan kepada anak.
Gambar Ilustrasi Manfaat dan Pentingnya Musik Untuk Anak
Sejak masih dalam kandungan, saya sering memperdengarkan music ke Abang Zam. Saat usianya masih bayi, dia dengan mudah tertidur kalau ada music yang dia dengar, saya juga sering menyanyikannya sebuah lagu. Walaupun suara saya sumbang, tapi setidaknya berirama dan itu membuat Abang Zam senang dan seketika menjadi tenang. Tanpa kita sadari pun, biasanya memang kalau orangtua hendak menidurkan anaknya, dia pasti menyanyikan sesuatu untuk anaknya. Musik itu bermanfaat loh untuk anak-anak. 
Beranjak di usia 2 tahun ini Abang Zam senang sekali bernyanyi, kalau liat galon, pasti dipukul-pukul sehingga mencipta irama. Saya memang senang memperdengarkan Abang Zam lagu anak-anak di handphone, televisi, ataupun menyanyikannya langsung. Meskipun keluarga saya bukan termasuk keluarga pemusik, saya tetap menyajikan musik untuk anak saya. Karena saya tau manfaat musik itu adalah untuk perkembangan otak anak. 

Para Bunda PAUD kami bagikan tentang Manfaat dan Pentingnya Musik Untuk Anak, selama 2 tahun ini Abang Zam sudah bisa apa saja karena manfaat musik :

1. Daya Ingat

Abang Zam dengan mudah mengingat sesuatu. Karena awalnya belajar menghapal lirik lagu dan gerakan-gerakan tarian pada lagu. Untuk kegiatan sehari-harinya juga, edukasi tumbuh kembangnya saya menggunakan musik dan lagu. musik berfungsi sebagai stimulus pembangkit ingatan ke masa lalu. Tak hanya membangkitkan pengalaman obyektifnya, tapi juga pengalaman subyektifnya (perasaan ketika mengalami hal tersebut). Sedangkan partisipasi anak dalam musik sejak usia dini mampu meningkatkan kemampuan belajar anak dan meningkatkan memori atau daya ingat mereka.

2. Kepercayaan Diri

Ya, Abang Zam percaya diri, tampil di depan sepupunya atau teman-temannya, dia akan terus berbicara, atau menunjukkan sesuatu untuk teman-temannya agar menjadi perhatian. Mendengarkan Abang Zam lagu-lagu anak yang bertema perkenalan dan permainan, akan membuat anak-anak menjadi lebih akrab dengan cepat bersosialisasi satu dengan yang lainnya.

3. Cepat Berbicara Lancar

Waktu Abang Zam masih baru belajar berbicara, saya membantunya dengan memperdengarkan lagu. Dan itu saya jadikan metode pembelajaran untuknya. Karena secara perlahan-lahan Abang Zam akan mencoba mengikuti irama maupun kata dan dengan cepat memang dia berbicara lancar.

4. Mood Yang Baik

Abang Zam kalau sedang rewel atau kalau saya bingung dia maunya apa, saya langsung memutarkan lagu anak berirama ceria, karena lagu dapat mempengaruhi perasaan anak yang tadinya terlihat lesu, malas, dan ngantuk akan menjadi riang gembira. Hati Mam pun senang dong tentunya.

Nah Bun, mari kita dekatkan anak dengan musik. Pada umumnya musik mampu mempengaruhi perkembangan intelektual anak dan bisa membuat anak menjadi pintar bersosialisasi. Sehingga para orang tua sebaiknya mulai memperkenalkan musik kepada anak-anaknya sejak kecil bahkan ketika masih dalam kandungan. Selain itu musik juga dapat membangun rasa percaya diri dan kemandirian pada tumbuh kembang anak


0 Response to "Manfaat dan Pentingnya Musik Untuk Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel