Bagaimana Cara Mengobati Sakit Gigi Anak 3 Tahun

Hallo sahabat semunya, pernahkah anda mengalami sakit Gigi? saya yakin jika anda pernah mengalami sakit gigi sudah dipastikan sangat jengkel, kesal bahkan sangat tersiksa sekali untuk menahan kesakitan yang bitu tajam. 

Bahkan dalam pemikiran kita "sekalipun mahal obatnya yang penting hari ini sembuh" saya akan membelinya, pikiran tersebut selalu merasuki orang yang terkena penyakit sakit gigi.

Sakit Gigi ini tidak saja menyerang orang dewasa melainkan sakit gigi ini bisa menyerang anak usi 3 tahun, bayangkan kita saja yang dewasa tidak bisa menahan kesakitan, bagaimana dengan anak usia 3 tahun ? pokonya sudah terbayang deh ... !!
Gambar Ilustrasi
Sakit gigi merupakan serangan rasa nyeri dan berdenyut yang terjadi pada gusi dan gigi. Kondisi sakit gigi akan membuat penderitanya terasa seperti disiksa dengan rasa nyeri yang berdenyut-denyut yang membuat aktivitas sehari-hari menjadi terganggu.

Pada anak-anak, sakit gigi bisa timbul sebagai akibat dari seringnya mengkonsumsi makanan yang mengandung pemanis serta gula yang begitu tinggi. Timbunan sisa-sisa makanan manis yang tersisa pada gigi dan sela-selanya akan menumpuk dan membuat bakteri dari sisa-sisa tersebut berkembang biak pada gigi. Hal ini dikarenakan bakteri dalam gigi akan membuat zat gula mengeluarkan zat asam yang dapat merusak lapisan email sebagai pelindung gigi. Apabila hal ini terjadi, maka bakteri penghancur akan menjalar melalui saluran hingga ke syaraf yang kemudian menimbulkan peradangan dan memicu timbulnya sakit yang menusuk dan berdenyut pada gigi.

Selain makanan, pemicu lain yang harus diwaspadai oleh orang tua yang dapat memicu timbulnya sakit gigi adalah sebagai penyebab dari penyakit lain. Pemicu sakit gigi yang diakibatkan oleh penyakit umumnya tidak banyak diketahui oleh para orang tua. Contoh penyakit yang dapat memicu terjadinya sakit gigi antara lain adalah sinusitis, angina, polip dan radang gusi.

Sementara itu, serangan sakit gigi akibat penyakit ini umumnya bersifat relatif. Sebab ada sebagian anak yang hanya merasakan ngilu saja pada giginya dan sebagian lainnya merasakan sakit gigi yang begitu menyiksa dan disertai dengan sakit kepala. 

Bila kondisi ini terjadi, orang tua disarankan untuk segera membawa anaknya ke dokter untuk mendapatkan penanganan segera. Adakalanya, sakit gigi menyerang anak pada kondisi yang tidak terduga seperti misalkan ketika malam hari. Untuk para orangtua harus bijak dalam menyikapinya.

Berikut ini adalah Bagaimana Cara Mengobati Sakit Gigi dengan cara alami yang dapat mengatasi sakit gigi pada anak :

1. Berikan Pijatan Es Batu

Pertolongan pertama untuk dapat mengurangi rasa sakit yang diderita anak akibat sakit gigi, anda bisa melakukannya dengan memberikan pijatan es batu. Pemberian es batu akan membantu meredakan rasa sakit yan diderita anak, sebab bagian tubuh yang diletakan es batu akan menimbulkan efek mati rasa sehingga rasa sakit bisa diredam.

2. Bawang Merah dan Bawang Putih

Kedua jenis umbi-umbian ini selain dapat dijadikan sebagai bumbu untuk makanan, ternyata juga ampuh mengobati sakit gigi. Selain itu, bahan alami ini akan dengan mudah dijumpai di dapur. Cara menggunakannya dengan cara ambil satu siung bawang merah dan bawang putih, keprek kemudian letakan pada gigi anak yang terasa sakit, saripati dari bawang akan mampu meredakan rasa sakit yang diderita anak.

3. Garam

Selain bawang merah dan bawang putih yang mduah dijumpai di dapur. Garam-pun menjadi bahan masakan yang paling mudah dijumpai di dapur. Pemberian garam ternyata ampuh dalam mengobati sakit gigi. Bukan rasa asinnya yang dapat meredakan sakit gigi, melainkan kandungan yodium pada garam yang begitu tinggi dapat menghilangkan rasa sakit pada gigi.

Itulah dia beberapa cara untuk mengobati sakit gigi pada anak. Cara diatas bisa anda lakukan sebagai pertolongan pertama ketika anak mengalami sakit gigi pada kondisi yang tidak terduga.

Demikian artikel ini yang bisa kami bagikan, mudah-mudahan bermanfaat dan jangan lupa share kembali agar ibu rumah tangga bisa mengetahu cara mengatasi ketika anaknya mengalami sakit gigi yang mengganggu aktivitas anak. sebelumnya kami ucapkan terimakasih telah membacanya.

Sumber Artikel : Pertolongan Pertama Ketika Anak Mengalami Sakit Gigi

0 Response to "Bagaimana Cara Mengobati Sakit Gigi Anak 3 Tahun"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel