-->

Sponsor

Postingan Artikel

Tepuk Tangan Bantu Tingkatkan Kualitas Otak Anak

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

PAUD Baitul Fiqri Nasional - Malam ini saya meluangkan waktu tuk memberikan informasi tentang Tepuk Tangan Bantu Tingkatkan Kualitas Otak Anak. Pada artikel sebelumnya saya banyak membahas tentang Penggunaan Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS, disamping itu kita juga ada yang lebih penting juga yang harus kita ketahui dari manfaat dari sebuah Tepuk Tangan yang sering kita Gunakan di sela-sela pembelajaran di Kelas, jelas Anak seusia dini sangat senang dengan Tepuk Tangan, bahkan biasanya Bunda-Bunda PAUD yang lebih pintar menggunakannya.

Baca Juga : LAGU-LAGU PAUD

Taukah Anda Manfaat dari Tepuk Tangan Tersebut ...?? Ok saya akan mempaparkan sedikit tentang manfaat dari tepuk tangan yang bersumber dari Blog www.olipop.detik.com/.

Peneliti dari Ben-Gurion University of the Negev (BGU) melakukan studi pertama kali mengenai manfaat lagu yang dinyanyikan sambil bertepuk tangan. Hasilnya, menunjukkan adanya hubungan langsung dengan peningkatan aktivitas dan keterampilan perkembangan yang penting pada anak-anak, remaja hingga mahasiswa perguruan tinggi.

"Kami menemukan bahwa anak-anak kelas satu, dua dan tiga sekolah dasar yang menyanyikan lagu ini sambil bertepuk tangan menunjukkan kemampuan yang lebih dibandingkan dengan anak-anak yang tidak ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini," ujar Dr Idit Sulkin, anggota dari BGU's Music Science Lab in the Department of the Arts, seperti dikutip dari Sciencedaily.

Baca Juga : LAGU ANGGOTA TUBUH

Peneliti juga menemukan tepuk tangan dapat membantu melatih keterampilan motorik anak sehingga dapat menghasilkan tulisan tangan yang rapi, menulis dengan lebih baik serta sedikit membuat kesalahan ejaan.

Dr Warren Brodsky, seorang psikolog musik yang mengawasi disertasi doktor ini mengungkapkan kegiatan tepuk tangan dapat melatih otak dan mempengaruhi perkembangan daerah otak yang lainnya. Manfaat lainnya adalah anak-anak diajarkan melatih integritas sosialnya dengan teman-teman yang lain, sehingga kemampuan sosialisasinya lebih baik.

Dalam studi ini, Dr Sulkin dan tim pergi ke beberapa kelas sekolah dasar dan memberikan pelatihan lagu sambil bertepuk tangan. Hal ini dilakukannya selama periode waktu 10 minggu.

Selama penelitian, Dr Sulkin turut bergabung dengan anak-anak untuk bernyanyi. Hal ini untuk melihat apakah anak-anak merasa terhibur dan terpesona dalam menyanyikan lagu sambil bertepuk tangan. Kegiatan ini ternyata menjadi salah satu hiburan bagi anak-anak sekolah dasar.

"Dalam waktu yang singkat tersebut, anak-anak memiliki kemampuan kognitif yang baik serta membantu kemampuan motoriknya dalam melakukan aktivitas. Karena itu sebaiknya hal ini masuk dalam pendidikan untuk anak usia 6-10 tahun dengan tujuan meningkatkan kemampuan motorik dan kognitifnya," ujar Dr Sulkin.

Dr Sulkin menambahkan lagu anak-anak yang dinyanyikan sambil bertepuk tangan ini biasanya dibawakan oleh anak-anak hingga usianya 10 tahun. Jika diamati, maka kegiatan ini sangat berfungsi sebagai acuan untuk mengembangkan dan meningkatkan kebutuhan emosional, fisiologis, sosiologis dan kognitif anak-anak hingga ke tahap pertumbuhan berikutnya. Untuk mengetahui artikel-artikel kesehatan lainnya.


Jangan Lupa Baca dan Pelajari : Tepuk Kupu-Kupu untuk Anak PAUD


Demikian Informasi tenang Tepuk Tangan Bantu Tingkatkan Kualitas Otak Anak, mudah-mudahan pengetahuan ini menjadi sebuah pembelajaran bagi kita semua. Terimakasih sebelumnya telah membaca dan jangan lupa berikan komentarnya.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Cek Tunjangan dan Data Guru/PTK Tahun 2016

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

PAUD Baitul Fiqri Nasional - Lembar Info PTK tahun 2016 kali ini sudah bisa memberikan informasi tentang Data Guru yang harus di Kroscek Untuk Penerbitan SK Tunjangan Profesi, Tunjangan Fungsional, Bantuan Kualifikasi Akademik dan Tunjangan Wilayah Khusus. 

Silahkan Anda periksa data-datanya, jika ada yang masih tidak sesuai silahkan Perbaiki melalui Aplikasi Dapodik dan silahkan Sinkronkan kembali. dan Ingat Jika dalam Aplikasi Sudah benar dan Pada Lembar Tunjangan masih ada kesalahan kemungkinan Server Pusat Belum menarik hasil Sinkronisasi yang Anda Lakukan, mohon bersabar.

Adapun Link yang sudah disediakan Untuk mengecek Lembar Info PTK Tahun 2016, silahkan pilih salah satu Link aktif untuk Mengecek Lembar Info PTK Tahun 2016 di bawah ini :





Jika sobat ingin menyimpannya dalam bentuk PDF sebab kadang dilapangan PTK yang ga ngerti bisa kita tunjukan/kasih yang nantinya kita kasih ke PTK tersebut. Silahkan Pahami langkah-langkahnya di bawah ini :

1. Silahkan Sobat Tekan CTR + P pada Keyboard. Hasilnya Akan Seperti Gambar di Bawah ini:
Gambar Ilustrasi : Cetak Data PTK Format PDF
2. Silahkan Klik Ubah, Jika Komputer Anda Sudah di Pasang PDF, silahkan ubah ke Format PDF, seperti langkah di bawah ini :
Gambar Ilustrasi : Cetak Data PTK Format PDF

3. Terakhir "KLIK SIMPAN" dan Silahkan Amankan File tersebut, Enak bukan Jika kita Punya Filenya bisa diprint sewaktu-waktu.

Demikian informasi tentang Cek Tunjangan dan Data Guru/PTK Tahun 2016 yang bisa saya berikan dan sekedar informasi Aplikasi Cek Data Guru Tersebut Masih Tahap Beta/Uji Coba silahkan Cek dan Perbaiki di Dapodik. Terimakasih 

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Download Panduan Manual Penggunaan Dapodik PAUD - DIKMAS

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Aplikasi Paud Dikmas adalah aplikasi yang digunakan untuk melakukan penjaringan Data Pokok Pendidikan Usia Dini, Non Informal dan Informal - Pendidikan Masyarakat (. PAUD-DIKMAS) yang terintegrasi sehingga dapat digunakan oleh entitas lembaga pemerintahan dibawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Gambar Ilustrasi : Panduan Manual Penggunaan Dapodik PAUD - DIKMAS 
Salam Sejahtera, Sore ini saya akan sajikan Panduan Manual Penggunaan Dapodik PAUD - DIKMAS, bagi sahabat Operator Dapodik PAUD-Dikmas yang masih kesulitan dalam penggunaan Aplikasi ini, silahkan baca panduan lengkap Dapodik ini.


Download Panduan Manual Penggunaan Dapodik PAUD - DIKMAS 


Demikian Artikel yang bisa saya bagikan tentang Download Panduan Manual Penggunaan Dapodik PAUD - DIKMAS, mudah-mudahan bisa dipelajari dengan sempurna, jika ada pertanyaan silahkan anda masukkan komentar disini. Terimakasih

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Panduan Mendapatkan No. Registrasi NPP (Nomor Pokok Perpustakaan) Untuk Pengisian di Dapodik

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pada Kesempatan ini saya akan memberikan tutorial tentang Panduan Mendapatkan No. Registrasi NPP (Nomor Pokok Perpustakaan) Untuk Pengisian di Dapodik, kita sudah mengetahui bawa pada Aplikasi Dapodik sebelumnya tidak disediaakan pada kolom Sarpras Perpustakaan yaitu Nomor Pokokok Perpustakaan (NPP).

Dapodik Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016 ini, kita disuguhkan untuk memasukan NPP tersebut, sedangkan kita belum pernah mendaftarkan perpustakaan sekolah kita di http://npp.pnri.go.id/ apa yang harus kita lakukan, ...?? 

Di bawah ini Tata Cara Usul No. Registrasi NPP adalah sebagai berikut :
1. Silahkan Anda akses alamat Website http://npp.pnri.go.id/ kemudian akan muncul halaman utama Website "Perpustakaan Nasional Republik Indonesia" dan Silahkan Pilih menu Aplikasi NPP.
Gambar Ilustrasi : Panduan Mendapatkan No. Registrasi NPP (Nomor Pokok Perpustakaan) Untuk Pengisian di Dapodik
2. Selanjutnya Pada Aplikasi NPP pilih menu Registrasi NPP Baru.
Gambar Ilustrasi : Panduan Mendapatkan No. Registrasi NPP (Nomor Pokok Perpustakaan) Untuk Pengisian di Dapodik
3. Silahkan Isi semua data dengan benar dari pilihan Propinsi sampai dengan Konfirmasi Password dan Jangan Lupa Masukkan Kode yang tertera. dan silahkan Klik "SIMPAN"
Gambar Ilustrasi : Panduan Mendapatkan No. Registrasi NPP (Nomor Pokok Perpustakaan) Untuk Pengisian di Dapodik
4. Terakhir Apabila Pendaftraran Anda berhasil akan muncul tampilan seperti di bawah ini :
Gambar Ilustrasi : Panduan Mendapatkan No. Registrasi NPP (Nomor Pokok Perpustakaan) Untuk Pengisian di Dapodik
Demikian Panduan Mendapatkan No. Registrasi NPP (Nomor Pokok Perpustakaan) Untuk Pengisian di Dapodik, yang bisa saya tulis kembali pada blog sederhana ini, mudah-mudahan bermanfaat dan dapat dipahami dengan jelas. Jangan sungkan-sungkan Tanyakan langsung di sini jika ada permasalahan terimakasih.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

6 Permasalahan Dapodik PAUD-DIKMAS yang Sering di Tanyakan

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat Pagi Para Operator Dapodik PAUDNI, pada kesempatan ini saya akan merangkaum 6 Petanyaan yang seing di ulang-ulang pertanyaan tersebut. di sini saya akan memberikan sebuah Persentasi yang saya buat secara mandiri Pada Ms. Powerpoint, silahkan Anda Download dan Buka Persentasi tersebut dan silahkan Tekan F5 pada Keyboard jika sudah di buka. 

Ok.. Langsung saja silahkan Anda simak baik-baik sebuah Persentasi Pertanyaan dan Solusi yang saya tulis ini di Ms. Powerpoint di bawah ini :


Bagai Sahabat Operator Dapodik PAUD-DIKMAS, jika memerlukan File Offline nya silahkan Download 6 Permasalahan Dapodik PAUD-DIKMAS yang Sering di Tanyakan, di bawah ini :

Download 6 Permasalahan Dapodik PAUD-DIKMAS yang Sering di Tanyakan

Jika sudah Mendownloadnya, silahkan Open / Buka File tersebut dan silahkan Tekan F5 Pada Keyboard, sebenarnya file tersebut bisa digunakan untuk persentasi apa saja baik untuk pembelajaran di kelas maupun digunakan sosialisasi Dapodik. Silahkan Sesuaikan saja jika mau meng Editnya.

Demikian Artikel tentang 6 Permasalahan Dapodik PAUD-DIKMAS yang Sering di Tanyakan yang bisa saya bagikan, mudah-mudahan bermanfaat. Terimakasih

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Video Cara Update Aplikasi Dapodik PAUD Ke Versi 2.0.1 Kurang 30 Menit Sukses Sinkronisasi 100%

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pada malam ini saya akan memberikan Tutorial Sebuha Video Cara Update Aplikasi Dapodik PAUD Ke Versi 2.0.1 Kurang 30 Menit Sukses Sinkronisasi 100%, sebenarnya video ini sudah banyak beredar tetapi tidak ada salahnya Video yang saya buat ini saya publikasikan untuk mempermudah pekerjaan para sahabat Operator Dapodik PAUD-DIKMAS.
Gambar Ilustrasi : Video Cara Update Aplikasi Dapodik PAUD Ke Versi 2.0.1 Kurang 30 Menit Sukses Sinkronisasi 100%
Dengan Video ini mudah-mudahan Para Sahabat Operator Dapodik PAUD DIKMAS, Mudah dalam menyerap pengisian dalam Aplikasi Dapodik.

Saya Rasa Video ini penting di lihat, karena Video ini menunjungkan bahwa sinkronisasi menggunakan Versi 2.0.1 sangatlah mudah dan dalam peng Updatenya juga tidak super sulit tetapi supermudah. Hee....

Jangan Lupa Baca : Aplikasi DAPODIK Versi 2.0.1 dalam Bentuk Installer dan Patch Telah Dirilis

Bagi sahabat Operator Dapodik PAUD DIKMAS yang ingin menyimak perjalanan saya silahkan Anda simak baik-baik Video tersebut di bawah ini. KLIK PLAY. atau bisa melihat langsung di youtube.com


Terimakasih telah menyimak Video Cara Update Aplikasi Dapodik PAUD Ke Versi 2.0.1 Kurang 30 Menit Sukses Sinkronisasi 100%, mudah-mudahan dapat dipahami dan dipraktikan. Terimakasih

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Try Out dan Pembahasan UN Matematika SMP/MTS 2015-2016

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pada siang ini saya menyempatkan diri untuk membagikan Try Out dan Pembahasan UN Matematika SMP/MTS 2015-2016Aplikasi dan Tutorial ini saya dapat dari Blog siap-osn.blogspot.co.id. 

Try Out dan Pembahasan UN Matematika SMP / MTs  2015-2016 (Online) merupakan Aplikasi Android (Bisa di Install di smartphone Android) yang bisa diperoleh secara FREE (Gratis). 

Bagi sahabat PAUD Baitul Fiqri Nasional yang berminat untuk menggunakan Aplikasi tersebut baik dewan guru maupun para siswa-siswi SMP, silahkan Anda Download di Bawah ini :


Aplikasi "Try Out dan Pembahasan UN Matematika SMP / MTs  2015-2016 (Online)" berisi tentang : Try Out UN Matematika SMP 2016, TEST UN Matematika SMP, Pembahasan Try Out dan Test UNMatematika SMP.
Gambar Ilustrasi : Try Out dan Pembahasan UN Matematika SMP/MTS 2015-2016 di HP Android
1. Try Out UN Matematika SMP / MTs 2015-2016 (uji kemampuan Kalian untuk mengerjakan prediksi soal-soal yang kemungkinan besar akan keluar pada UN Matematika SMP / MTs 2015-2016). Try Out UN Matematika SMP/MTs ini dibuat sesuai dengan Kisi-kisi UN Matematika SMP / MTs tahun ini dan tahun-tahun sebelumnya, serta memperhatikan keterkaitan soal-soal UN Matematika SMP / MTs yang telah keluar dari tahun ke tahun
Gambar Ilustrasi : Try Out dan Pembahasan UN Matematika SMP/MTS 2015-2016 di HP Android 
2. Test UN Matematika SMP / MTs 2014-2015 dan 2013-2014 (uji kemampuan Kalian untuk mengerjakan soal-soal UN Matematika SMP / MTs 2014-2015 dan 2013-2014 / tahun-tahun sebelumnya).
Gambar Ilustrasi : Try Out dan Pembahasan UN Matematika SMP/MTS 2015-2016 di HP Android
3. Pembahasan Try Out dan UN Matematika SMP / MTs (Tidak seperti Aplikasi Try Out UN Matematika SMP / MTs lainnya yang hanya menyertakan kunci jawaban saja dan tidak menyertakan pembahasannya. Aplikasi Kami berbeda, karena "Try Out dan Pembahasan UN Matematika SMP / MTs  2015-2016 (Online)" disertai dengan PEMBAHASAN dan TRIK SINGKAT / CARA CEPAT dalam mengerjakan UN Matematika SMP / MTs ).
Gambar Ilustrasi : Try Out dan Pembahasan UN Matematika SMP/MTS 2015-2016 di HP Android
Untuk mendownload aplikasi Android "Try Out dan Pembahasan UN Matematika SMP / MTs  2015-2016 (Online)" silahkan klik download via googleplay store (Gratis).

Sumber Artikel : Siap OSN

Demikian Informasi tentang Latihan Try Out dan Pembahasan UN Matematika SMP/MTS 2015-2016 di HP Android, dan mudah-mudahan informasi ini bermanfaat. Jangan Lupa berikan Komentarnya. Terimakasih

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Aplikasi DAPODIK Versi 2.0.1 dalam Bentuk Installer dan Patch Telah Dirilis

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Salam Sejahtera - Malam ini saya akan menginformasikan tentang Aplikasi DAPODIK 2.0.1 dalambentuk Installer dan Patch telah dirilis, mudah-mudahan Aplikasi Dapodik Versi 2.0.1 ini bisa mengatasi permasalahan-permasalahan Operator Dapodik PAUD-DIKMAS.
Gambar Ilustrasi : Download Apliksi Dapodik PAUD-DIKMAS Versi 2.0.1
Sebelumnya saya sudahah menginstruksikan kepada para Operator Dapodik PAUD-DIKMAS, sebelum Anda Bertindak, diharapkan membaca dan membaca dulu, karena kebanyakan kesalahan timbul pada Aplikasi Dapodik disebabkan salah satunya Operator Bertindak tetapi belum membaca perintah. 

Adapun Perbaikan dan Pemabaruan Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS Versi 2.0.1 ini adalah sebagai berikut : 
  • Validasi Luas Tanah Ditiadakan
  • Perbaikan Peserta Didik Tidak dapat Menyimpan
  • Action Menu Rombel Lanjut Semester [baru]
  • Action Menu Peserta Didik, Salin Data Periodik [baru]
  • Action Menu PTK, salin penugasan Lanjut Semester [baru]
  • Action Menu Sarpras, Salin Data Periodik [baru]
  • Tombol Cek Pembaruan, Update Aplikasi Langsung Dengan Klik 1 Tombol Tanpa Mengunduh Patch/Installer

Jika Anda sudah membaca Perbaikan dan Pembaruan Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS Versi 2.0.1 silahkan Anda Download Aplikasi Dapodik Versi 2.0.1 di Bawah ini :

Aplikasi DAPODIK PAUD-DIKMAS Versi 2.0.1


Jika sudah mendownloadnya, Ada yang sangat penting yang harus dipahami bagi Para Sahabat Operator Dapodik PAUD-DIKMAS Versi 2.0.1, adalah sebagai berikut :
  1. Bagi yang sudah menginstall Aplikasi Versi 2.0.0 Untuk kelancaran Entry data silahkan Download/Unduh Patch Lalu jalankan Patchnya untuk Update Aplikasi, tidak usah Uninstall Aplikasi 2.0.0 (data masih utuh, tidak akan hilang)
  2. Bagi yang belum menginstall Aplikasi Versi 2.0.0 silahkan Download Langsung Installer Versi 2.0.1 dan Jalankan Installer.
  3. Lembaga yang sudah Mengentry data Lengkap pada semester ganjil silahkan Mengentry data Semester Genap, dengan cara login ke Semester Genap.
  4. Lembaga yang sudah Mengentry Datanya di Semester Ganjil tetapi belum lengkap, dipersilahkan untuk melengkapi datanya dengan login ke semester ganjil terlebih dulu, setelah itu baru melanjutkan ke semester genap.
  5. Lembaga yang belum Mengentry pada Semester Ganjil sama sekali, dipersilahkan untuk mengisi dan melengkapi datanya dengan login ke semester ganjil, setelah lengkap datanya baru melanjutkan ke semester genap.
  6. Untuk kepentingan data GTK dan aneka tunjangan pastikan data Guru/PTK diisi lengkap, telah dipilih sekolah induknya dan telah memiliki/mengampu Rombel dengan jumlah peserta didik sesuai dengan kondisi lapangan.
Jika Link di Atas Tempat untuk mendownload Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS Versi 2.0.1 tidak aktif atau susah untuk mendownloadnya, silahkan Anda Download melalui Link alternatif di bawah ini :

INSTALLER APLIKASI :
Link alternatif 1: Aplikasi DAPODIK Versi 2.0.1
Link alternatif 2: Aplikasi DAPODIK Versi 2.0.1

INSTALL PATCH APLIKASI :

Catatan: Saat ini aplikasi manajemen sudah terhubung ke database baru.
Demikian informasi terbaru tentang Aplikasi DAPODIK Versi 2.0.1 dalam Bentuk Installer dan Patch Telah Dirilis, mudah-mudahan dapat dipahami dan tidak ada kendala dalam pemakaiannya. 

Silahkan Anda Simak Vide Saya Cara Update Dapodik Versi 2.0 Ke Versi 2.0.1 Kurang 1 Jam Sukses 100% di Bawah ini :



Sekali lagi saya sarankan sebelum bertindak harus meluangkan waktu untuk membaca Perintah yang sudah diberikan. Jika masih saja ada kendala silahkan tanyakan langsung di sini, ingsyaallah saya siap membantu Anda. Terimakasih

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Tata Cara Mengusulkan NUPTK Melalui Verval GTK

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Salam Sejahtera - Pada malam ini saya akan sekedar mengulas tentang Tata Cara Mengusulkan NUPTK Melalui Verval GTK yang begitu ramai diperbincangkan maka untuk itu silahkan Anda persiapakan saja sebelum VervalGTK resmi dibuka, jika Anda ingin melihat kapan Verval GTK di Buka silahkan Anda kunjungi Web Resminya KLIK DI SINI UNTUK MENUJU WEB RESMI GTK
  1. Bagi guru yang terdata aktif  di dapodikdas dapodikmen maupun dapodik PAUD-Dikmas Guru melakukan scan dokumen;
  2. Bagi PNS/CPNS dokumen yang discan adalah SK PNS/CPSN dan SK Penugasan dari Dinas Pendidikan
  3. Bagi Guru non PNS sekolah negeri SK pengangkatan yang ditandatangani Kepala Daerah BUPATI/WALIKOTA/Gubernur
  4. Bagi guru non PNS sekolah swasta adalah SK Pengangkatan sebagai guru Tetap Yayasan 2 tahun berturut turut dihitung sampai Januari 2016
Syarat Penerbitan NUPTK 2016
(Sorot Gambar untuk Memperbesar)
Melihat surat edaran yang ada, guru yang belum memiliki NUPTK namun ingin memilikinya harus memenuhi syarat diatas kemudian scan dokumen lalu menguploadnya di Web Aplikasi Verval GTK.DATA.KEMDIKBUD.GO.ID

Untuk proses Pengusulan NUPTK di Verval GTK ini dilakukan oleh operator sekolah. Lihat Edaran penunjukkan Operator Verval GTK dan NUPTK. Namun hingga saat ini belum ada Juknis yang diberikan oleh Ditjen GTK perihal cara mengusul NUPTK guru tersebut.

Jangan Lupa Baca : Syarat Penerbitan NUPTK 2016

Dalam proses pengajuan NUPTK, operator sekolah tidak lagi mengajukan NUPTK untuk setiap GTK. Operator sekolah cukup melihat daftar Calon Penerima NUPTK melalui Aplikasi VervalGTK. Selanjutnya operator sekolah melampirkan scan dokumen asli (stempel basah) yang menjadi persyaratan penerbitan NUPTK. 

Persyaratan yang dikirim oleh operator sekolah akan diverifikasi oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Ditjend GTK. Setelah lolos verifikasi dokumen persyaratan, PDSPK menerbitkan NUPTK. Operator sekolah dapat melihat sejauh mana proses pengajuan NUPTK melalui aplikasi VervalGTK di status pengajuan.

Operator sekolah dan operator Dinas Pendidikan Kab/Kota yang sudah terdaftar di www.sdm.data.kemdikbud.go.id tetap harus melakukan registrasi ulang agar dapat melakukan operasional vervalGTK, dan operator harus melampirkan SK Penugasan pengelolaan vervalGTK.

Guru harus menyiapkan scan SK honorer atau PNS dengan format JPG atau PNG yang dipersyaratkan  dengan ukuran kurang dari 1 MB dan pas foto format JPG/PNG berukuran tidak lebih dari 200kb, kemudian verval GTK dan NUPTK ini dilakukan di alamat web vervalptk.data.kemdikbud.go.id

Demikian informasi yang bisa saya bagikan mudah-mudahan informasi ini bermanfaat, dan jangan lupa berikan komentarnya. Terimakasih

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Perpanjangan Waktu Cut Off Data PTK untuk Aneka Tunjangan GTK 2016

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Sehubungan dengan Telah Rilisnya Dapodik PAUDNI-DIKMAS Versi 2.0, Dapodik SD-SMP-SLB (Dapodikdas) Versi 4.1.0, dan Dapodik SMA-SMK (Dapodikmen) Versi 8.3.0. Ditjen GTK melalui Surat Edaran Nomor 1234/B/PR/2016 Tertanggal 11 Januari 2016 tentang Surat Edaran Penyaluran Aneka Tunjangan Tahun 2016 menghimbau Kepada Dinas Pendidikan Provinsi, Dinas Pendidikan Kab/Kota untuk segera menindak lanjuti :

Memberikan arahan kepada guru untuk menggunakan dan mengisi data-data guru pada Aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Dapodik PAUDNI-DIKMAS Versi 2.0, Dapodik SD-SMP-SLB (Dapodikdas) Versi 4.1.0, dan Dapodik SMA-SMK (Dapodikmen) Versi 8.3.0.
Terkait dengan aneka tunjangan dimaksud, karena jumlah kuota yang terbatas maka prioritas akan di berikan kepada Guru yang telah menyelesaikan Dapodik dan data-datanya valid sesuai  dengan kriteria.

Dinas Pendidikan Provinsi dan Dinas Pendidikan Kab/Kota sesuai dengan sekolah yang dikelola, di beri kewenangan dalam menentukan calon penerima Aneka Tunjangan melalui Sitem Aplikasi SIM Tunjangan paling lambat 29 Februari 2016. Apabila usulan tidak masuk atau melewati dari tanggal yang telah ditentukan, maka kuota akan di alihkan ke Kabupaten/Kota lain sesuai dengan Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Jangan Lupa Baca : Permendikbud Nomor 79 Tahun 2015 Tentang Dapodik

Bagi sahabat PAUD Baitul Fiqri Nasional yang menginginkan surat resminya silahkan Anda Download di bawah ini :


Demikian Informasi tentang Perpanjangan Waktu Cut Off Data PTK untuk Aneka Tunjangan GTK 2016, mudah-mudahan bermanfaat. Terimakasih

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Permendikbud Nomor 79 Tahun 2015 Tentang Data Podik Pendidikan (DAPODIK)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Salam Sejahtera - Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan sedikit tentang Pentingnya Pendataan Dapodik, bahkan banyak pertanyaan-pertanyaan yang muncul, tentang kegunaan dan kepentingan Dapodik ini, padahal sudah jelas dengan Permendikbud Nomor 79 Tahun 2015 Tentang Data Podik Pendidikan (DAPODIK)
  1. Mewujudkan basis data tunggal sehingga dapat tercipta tata kelola data pendidikan yang terpadu dan menghasilkan data yang representatif untuk memenuhi kebutuhan Kementerian dan pemangku kepentingan lainnya. 
  2. Mendukung peningkatan efisiensi, efektif, dan sinergi kegiatan pengumpulan data pokok yang terintegrasi dalam satu sistem pendataan untuk digunakan oleh Kementerian dan seluruh pemangku kepentingan.
PDSPK memiliki tugas untuk :
  1. Merancang basis data pendidikan relasional sehingga mampu menghasilkan data longitudinal untuk tiap entitas pendidikan; 
  2. Merancang satu formulir pendataan yang mencakup semua atribut yang diperlukan untuk tiap entitas
  3. pendidikan; 
  4. Membangun suatu pusat data Kementerian untuk menampung dan mengintegrasikan semua data yang
  5. dihasilkan dari kegiatan pengumpulan data; 
  6. Membangun sistem untuk melakukan verifikasi dan validasi, dengan melibatkan satuan kerja dan institusi lain yang mempunyai kemampuan dan/atau otoritas dalam menentukan validitas data sebagai validator; 
  7. Menetapkan mekanisme standar bagi sistem/aplikasi lain dalam berintegrasi dengan Dapodik dan
  8. mengevaluasi pemenuhan standar tersebut; 
  9. Memastikan komitmen institusi lain pengguna data dalam ikut menjaga kerahasiaan data pendidikan; dan  
  10. Mengoordinasi seluruh unit kerja yang terlibat dalam Dapodik guna terciptanya kegiatan pengumpulan Dapodik yang terintegrasi dalam satu sistem pendataan yang efektivitas dan efisien. 
Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat memiliki tugas:
  1. Merancang prosedur pengumpulan data dengan memanfaatkan mekanisme yang berlaku pada Direktorat Jenderal; 
  2. Melakukan sosialisasi formulir dan prosedur yang dihasilkan untuk jenjang pendidikan anak usia dini
  3. dan pendidikan masyarakat; 
  4. Membangun sistem pengumpulan dan penyimpanan data yang cepat dan efisien; 
  5. Mengkoordinir pengumpulan semua Dapodik dari satuan pendidikan yang berada di bawah pembinaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat; dan 
  6. Menyediakan layanan helpdesk Dapodik; dan 
  7. Menginformasikan kepada unit kerja mengenai semua atribut yang ingin didata terkait dengan entitas
  8. pendidikan yang menjadi bahan kebijakannya. 
Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah memiliki tugas:
  1. Merancang prosedur pengumpulan data dengan memanfaatkan mekanisme yang berlaku pada
  2. Direktorat Jenderal; 
  3. Melakukan sosialisasi formulir dan prosedur yang dihasilkan untuk jenjang pendidikan dasar dan
  4. pendidikan menengah; 
  5. Membangun sistem pengumpulan dan penyimpanan data yang cepat dan efisien; 
  6. Mengoordinasikan pengumpulan semua Dapodik dari satuan pendidikan yang berada di bawah pembinaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah; 
  7. Menyediakan layanan helpdesk Dapodik; dan
  8. Menginformasikan kepada unit kerja mengenai semua atribut yang ingin didata terkait dengan entitas
  9. pendidikan yang menjadi bahan kebijakannya. 
Sekretariat Badan Penelitian dan Pengembangan mengumpulkan data evaluasi akhir peserta didik dan akreditasi melalui sistem transaksional yang mengacu kepada Dapodik secara online. 

Unit kerja eselon I lainnya mempunyai tugas:
  1. Melakukan pengumpulan data transaksional sesuai dengan kebutuhan;
  2. Melakukan koordinasi dengan sekretariat Eselon I  terkait; dan
  3. Mengkontribusikan output sistem transaksional ke dalam Dapodik. 
Dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota mempunyai tugas:
  1. Melakukan pengisian dan pengiriman data pengawas sekolah.
  2. Sosialisasi, bimbingan, dan layanan teknis;
  3. Melakukan pengelolaan manajemen pendataan;
  4. Melakukan verifikasi dan validasi tingkat provinsi/kabupaten/kota; dan
  5. Menginstruksikan kepada semua satuan pendidikan di wilayah kerja masing-masing untuk melakukan pengumpulan dan pengiriman data melalui Dapodik; 
  6. Memanfaatkan data yang dihasilkan dari Dapodik untuk mendukung program pembangunan pendidikan di wilayahnya masing-masing; dan  
  7. Dinas provinsi/kabupaten/kota mengalokasikan anggaran untuk mendukung kebutuhan operasional pendataan Dapodik di tingkat satuan pendidikan maupun tingkat daerah; 
  8. Memfasilitasi dan menegur kepada semua satuan pendidikan di wilayah kerja masing-masing yang tidak melakukan pemutakhiran data secara berkala; dan  
  9. Menyediakan dan memelihara infrastuktur pendataan di tingkat dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota.
Satuan pendidikan mempunyai tugas:
  1. Melakukan pengisian dan pengiriman data melalui Dapodik;
  2. Melakukan pemutakhiran data secara berkala sekurang-kurangnya satu kali dalam satu semester;
  3. Memeriksa dampak data yang telah diisikan pada aplikasi Dapodik di sejumlah sistem transaksional Kementerian;dan 
  4. Menjamin kelengkapan, kebenaran dan kemutakhiran data yang dikirimkan.
Bagi sahabat setia PAUD Baitul Fiqri Nasional yang menginginkan Permendikbud Nomor79 Tahun 2015 tentang Data Pokok Pendidikan (DAPODIK). Silahkan Anda Download Permendikbud Nomor 79 Tahun 2015 tentang Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) di bawah ini :

Demikian Informasi yang bisa saya sampaikan kembali, mudah-mudahan bermanfaat dan memberikan wawasan tambahan bagi pembaca. Terimakasih

Wassalmu'alaikum Wr. Wb.

Tips Keamanan Akun Facebook, Email, Twitter

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Salam Sejahtera - Pada Pagi yang cerah ini saya akan memberikan sebuah Tips Agar Akun Jaringan sosial kita Aman dari Spaming, seperti akun Facebook.com, Twitter.Com, Email dan sebagainya.
Tips Keamanan Akun Facebook, Email, Twitter
Banyak beredarnya Spam di jaringan sosial disebabkan karena ketidak tauan kita, maka dengan itu saya sebagai Admin mengajak Tuk mempelajari hal sederhana ini.
  • Jagalah kerahasiaan akun Anda. Jangan memberitahukan password kepada orang lain.
  • Gantilah password secara berkala untuk mengurangi resiko pembajakan akun oleh orang lain.
  • Hindari memakai password yang mudah ditebak, seperti tanggal lahir, nama anda, kata-kata umum, dan sebagainya.
  • Paudbfqnaskdb.blogspot.com tidak pernah meminta username dan password Anda melalui email. Jika ada email seperti itu, jangan di-klik Link di dalamnya, karena kemungkinan besar adalah upaya phising.
  • Jangan pernah Meng Klik Link yang tidak Jelas yang beredar di Facebook, seperti Link "Vide@ Sen@noh" kemungkinan itu adalah phising yang merekam username dan password anda. 

Demikian informasi yang bisa saya bagikan melalui Blog sederhana ini, mudah-mudahan Tips Keamanan Akun Facebook, Email, Twitter ini bermanfaat, sebelum saya mengakhiri tulisan ini saya ucapkan terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa berikan komentarnya. Terimakasih

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.