Cara Memasukan NISN PAUD Ke Aplikasi Dapodik Secara Otomatis

Hallo Sahabat Blog PAUD, semoga kita dalam lindungan Allah swt, sudah lama sekali saya tidak membuat sebuah artikel yang berkaitan dengan Dapodik PAUD. 

Sudah banyak teman-teman yang menanyakan bagaimana cara memasukan NISN PAUD pada Aplikasi Dapodik PAUD.

Nah... pada artikel ini saya bertujuan untuk mengulas dari pertanyaan tersebut, tetapi sebelumnya ada yang sobat ketahui bahwa yang sudah bisa ditarik ke Aplikasi NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) adalah NISN Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Jenajang TK (Taman Kanak-Kanak).

Baca Juga : Cara Cetak Kartu NISN dengan Aplikasi Dapodik Helper

Bagaimanadengan KB, SPS dan lain sebagainya? 

Untuk KB kita masih menunggu apakah akan diberikan NISN apa Tidak...? Belum ada jawaban yang pasti, kita menunggu saja, tetapi dilihat dari perkembangan dalam situs VervalPD sebelumnya saya sudah mengeposkan bahwa List Siswa KB sudah masuk pada Situs VervalPD.

Baca Dulu : Informasi Penerbitan NISN PAUD

Pada Artikel tersebut saya memberikan Secreanshot Nama-nama Peserta Didik KB sudah masuk pada Tahapan VervalPD, kemungkinan besar KB Juga akan diberikan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).


Tahap Pertama, sudah pastinya sobat mengecek Apakah siswa sudah masuk pada situs / web pengelolaan NISN yang beralamat di Kemdikbud Login - sdm.
Halaman Login VervalPD / Kemdikbud SDM

Jika sudah Login silahkan Lihat Peserta Didik Sobat apakah sudah masuk apa belum, jika sudah maka anda sudah bisa memasukan secara otomatis ke Aplikasi Dapodik PAUD yang anda kelola.
Calon Siswa Penerima NISN

Gambar di atas adalah Peserta Didik PAUD jenjang KB, jadi Kolom NISN belum tersisi sehingga NISN siswa tidak akan bisa ditarik ke Aplikasi Dapodik. 

Tetapi jika Lembaga Anda adalah TK (Taman Kanak-kanak) seharusnya Kolom NISN sudah terisi dengan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)

Tahap Kedua, jika sudah dipastikan kolom NISN terisi, yang perlu anda lakukan adalah mengeksekusi memasukan NISN Siswa secara Otomatis pada Aplikasi Dapodik PAUD.

Sebenarnya ada dua Cara Memasukan NISN PAUD Ke Aplikasi Dapodik ini, pertama dengan cara Unistall Aplikasi Dapodik PAUD kemudian Install kembali dan Registrasi Kembali dan yang Kedua adalah yang sering saya lakukan adalah TANPA MENGUNISTAL APLIKASI DAPODIK PAUD, artinya anda tinggal membuka Aplikasi Dapodik PAUD kemudian Registrai kembali.

Dua cara tersebut bisa anda Gunakan tetapi silahkan anda pilih yang menurut anda tidak memberatkan atau menggunakan cara kedua yang sering saya lakukan yaitu Registrasi Kembali tanpa Unistal Aplikasi Dapodik PAUD, intinya semuanya sama.

Tahap Ketiga, tahap terakhir adalah mengecek apakah NISN sudah masuk masuk Aplikasi Dapodik apa masih tidak ada perubahan pada Aplikasi Dapodik...?? 

Jika pengerjaannya sudah sesuai dengan langkah diatas seharusnya NISN masuk secara otomatis pada Aplikasi Dapodik Anda seperti pada Gambar di Bawah ini :
Gambar : NISN Terinput pada Aplikasi Dapodik PAUD
Pada Gambar di Atas sudah jelas bahwa NISN diberikan kepada siswa mulai dari Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) kita sebagai pengelola jangan berkecil hati bahwa pemerintah membuktikan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini sangat dibutuhkan di Nusantara tercinta ini.

Jika Belum Terdaftar : Cara Cek Status Pendaftaran Operator Dapodik PAUD DIKMAS di SDM.DATA.KEMDIKBUD.GO.ID

Demikian artikel kali ini yang bisa saya tuliskan semoga bermanfaat dan menjadikan hal yang bermanfaat dalam mengelola sebauh pendataan melalui Aplikasi Dapodik PAUD Cara Memasukan NISN PAUD Ke Aplikasi Dapodik Secara Otomatis.

6 Responses to "Cara Memasukan NISN PAUD Ke Aplikasi Dapodik Secara Otomatis"

  1. Trims mbak Syifa ilmunya barokalloh.

    ReplyDelete
  2. apakah dapodik harus di sinkron dulu sebelum di registrasi ulang. saya registrasi ulang sebelum sinkron, NISN masih belum muncul.

    ReplyDelete
  3. Setelah uninstal dan registrasi ulang tetap NISN tidak muncul di dapodik solusinya..

    ReplyDelete
  4. Bagaimana kalo kita pakai dapodik online bagaimana cara memasukkan NISN ke aplikasi dapodik

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang itu memakasi 1 Aplikasi Dapodik baik PAUD, SD, SMP, SMA, maupun SMK. Dapodiknya cuma 1 tidak ada dapodik online.

      Silahkan lakukan install Dapodik Versi 2021 nanti NISN akan masuk secara otomatis pak

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel