-->
Home » , » Mengatasi Gagal Sinkronisasi Dapodik PAUD

Mengatasi Gagal Sinkronisasi Dapodik PAUD

Mengatasi Gagal Sinkronisasi Dapodik PAUD - Hallo sahabat Blog PAUD, kali ini kami akan memberikan Tips bagaimana cara mengatasi gagal ketika sinkronisai Dapodik PAUD Tahun Pelajaran 2016/2017 ini.

Banyak kasus yang ditemukan oleh teman-teman Operator Dapodik PAUD dalam melakukan sinkronisasi. 

Ada beberapa penyebab yang Gagal Sinkron, tetapi jika kita teliti sebenarnya permasalahan tersebut kadang bukan karena server yang lagi sibuk tetapi kadang dalam pengisian dapodik yang kurang lengkap sehingga menimbulkan sinkronisai gagal.
Mengatasi Gagal Sinkronisasi Dapodik PAUD
Gambar Ilustrasi Gagal Sinkronisasi
Sebelum melakukan sinkronisasi silahkan cek lagi pengisian di Aplikasi Dapodik dan alangkah baiknya silahkan membaca apa yang sudah kami sediakan tutorial di blog turial dapodik paud di sini.

Jangan Lupa Baca : Kategori Tutorial DAPODIK PAUD-DIKMAS

Silahkan cari Tutorial yang di butuhkan, kemudian silahkan pelajari sampai paham, jika kesulitan dalam memahami tutorial yang dimaskud, jangan sungkan-sungkan tanyakan langsung pada kotak komentar yang sudah disediakan atau langsung kunjungi facebook kami Di SINI ....

Sedikit Tips dari Kami untuk Mengatasi Sinkronisasi Dapodik PAUD Gagal :

1. Pastikan Server Dapodik Tidak Sedang Maintence

Kenapa sobat harus memastika Server Dapodik tidak sedang gangguan atau sedang perbaikan, sebab walaupun sobat melakukan beberapa kali sinkron kami yakin sobat tidak akan sukses melakukan sinkronisasi.

Bahkan sobat mencari solusi di internet atau tanya sana sini, kami yakin tidak akan suses apabila server dapodik lagi melakukan perbaikan atau maintence.

Baca Juga : Seputar Pertanyaan dan Jawaban Dapodik PAUD DIKMAS

Dan Kemungkinan besar sinkron gagal karena server dapodik tidak kuat untuk menampung begitu banyak yang melakukan sinkronisasai diwaktu yang sama.

Solusinya coba lakukan sinkronisasi kembali di jam-jam tertentu, misalkan tengah malam atau juga di waktu subuh.

2. Pastikan Pengisian Sudah Benar

Nah.. ini kadang yang menjadi utama permansalahan pengisian dalam Aplikasi Dapodik, hal ini dianggap sepele tetapi jika pengisiannya salah atau kurang sesuai maka kemungkinan besar sinkronisasi akan mengalami gejala.

Baca Juga : Tata Cara Pengisian Data Pelengkap Prasarana/Sarana pada Aplikasi Dapodik PADU-DIKMAS

Kami anggap sobat sudah melakukan pengisian di Aplikasi Dapodik dengan benar, tetapi alangkah baiknya, silahkan cek kembali datany satu persatu, mulai dari data sekolah, sarana prasana, data peserta didik, data ptk dan lain sebagainya. dan gunakan pengisian terstruktur.

3. Gunakan Sinkronisasi Offline

Sinkronisasi Offline ini kadang bisa Mengatasi Gagal Sinkronisasi Dapodik PAUD secara Online. Jika sobat mengalami sinkronisasi gagal sinkron online, maka tidak ada salahnya mencoba menggunakan sinkron secara Offline. 

Baca Juga : Tata Cara Sinkron Offline Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS

Kami temukan di lapangan, salah satu lembaga tidak bisa melakukan sinkronisasi Online tetapi ketika kami sarankan untuk mencoba sinkron Offline, maka lembaga tersebut berhasil melakukan sinkron dengan sempurna artinya data lembaga tersebut sudah masuk 100% ke server dapodik PAUDNI.

4. Gunakan Sinkronisasi Online

Kategori ke Empat ini kami masukkan, ketika sobat tidak mau melakukan sinkronisasi Offline artinya tidak melakukan beberapa langkah, sebab sinkron Online cukup dengan Validasi kemudian Langsung Pilih Sinkronisasi.
Mengatasi Gagal Sinkronisasi Dapodik
Gambar Ilustrasi Sukses Sinkronisasi Dapodik PAUD Online
Beda halnya dengan melakukan sinkron Offline, ketika sinkron jaringan internet tidak terhubung dengan komputer, kemudian melakukan unduh file format dz. dan hasilnya di Upload di Manajemen PAUD.

Mungkin itu yang bisa kami sarankan dan bagikan semoga Mengatasi Gagal Sinkronisasi Dapodik PAUD ini bisa memberikan pencerahan kepada lembaga yang masih gagal sinkron. dan Jangan sungkan-sungkan tanyakan jika ada permasalahan. Terimakasih

Ditulis Oleh : Azzahra Assyifa ~ www.paudbfqnaskdb.blogspot.com

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang Mengatasi Gagal Sinkronisasi Dapodik PAUD. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Facebook Admin! ::

6 komentar:

  1. Saya selalu gagal singkron pada lembaga yang baru entry data semeter satu di semeter genap yaitu setelah cut off pertama. apakah karena itu selalau singkron mentok di 30%? mohon solusinya. saya juga mengerjakan beberapa lembaga KB di satu laptop.

    ReplyDelete
  2. Saya selalu gagal singkron pada lembaga yang baru entry data semeter satu di semeter genap yaitu setelah cut off pertama. apakah karena itu selalau singkron mentok di 30%? mohon solusinya. saya juga mengerjakan beberapa lembaga KB di satu laptop.

    ReplyDelete
  3. Saya selalu gagal sinkron pada 80%,kemudian muncul kata kata,penyebabnya:gagal memproses tabel jenis prasarana(runtime notice dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semuanya lagi mengalami hal serupa... Tunggu sampai server pusat normal kembali..

      Delete