-->

Sponsor

Postingan Artikel

Home » , » Rangkuman Mengatasi Dapodik PAUD

Rangkuman Mengatasi Dapodik PAUD

Hallo Sobat saya akan mengulas kembali tentang permasalahan-permasalah dalam Dapodik, baik itu permasalahan dari Installer maupun Pengisiannya.

Rangkuman Mengatasi Dapodik PAUD bisa kita simpan pada memori ingatan kita untuk belajar dari kesalan yang pernah kita alami di tahun sebelumnya untuk memasuki tahun pelajaran 2016/2017 ini, bila perlu sobat buka lagi Web Blog PAUD ini 

Dengan adanya Rangkuman Mengatasi Dapodik PAUD ini mudah-mudahan ketika kita mengalami permasalahan di Tahun Pelajaran yang mendatang kita sudah mempunyai solusinya, dan kemungkinan permasalahan yang timbul di Tahun Pelajaran 2016/2017 ini tidak jauh berbeda pada Tahun Pelajaran 2015/2016.
Rangkuman Mengatasi Dapodik PAUD
Gambar Ilustrasi
Di bawah ini saya tuliskan kembali tentang Rangkuman Mengatasi Dapodik PAUD yang bisa sobat pelajari untuk mempersiapkan diri sebagai Operator Sekolah yang Handal dan Cerdas.

Sebelum kita mengoperasikan Aplikasi Dapodik PAUD yang harus kita lakukan adalah melakukan Registrasi pada Aplikasi tersebut, ini adalah kewajiban kita sebagai operator sekolah untuk bisa menjalankan Dapodik Tahun Pelajaran 2016/2017, pada Tahapan Registrasi sobat akan dipinta memasukan Nama Operatorm, User Name/Email, Passwor, dan sebagainya intinya silahan lengkapi data yang dipinta tertutama data yang waji di isi.
Ini adalah hal yang sering kita jumpai dalam Registrasi Dapodik, tidak ada salahnya kita belajar dari pengalaman sebelumnya untuk mengatasi kekagagalan dalam registrasi. Tetapi kita harapkan tahun pelajaran 2016/2017 ini kita tidak mengalami gagal registrasi karena hal ini sangat menjengkelkan para Operator, dan saya yakin jika sobat teliti dan cermal dalam penggunaan Aplikasi Dapodik seharusnya hal tersbut tidak sobat temui dalam Registrasi Dapodik. 
Pada Aplikasi Dapodik sebelumnya kita pernah mendengar bahwa dalam Aplikasi Dapodik PAUD - DIKMAS berbeda dengan Dapodikdas dan Dapodikmen dari segi registrasi, Apa perbedaannya ? Perbedaannya adalah Registrasi Dapodik PAUD-DIKMAS bisa dilakukan dengan dua cara yakni Registrasi Offline dan Online. Bagaimana cara membedakannya? Registrasi Offline dilakukan dengan cara ketika sobat melakukan registrasi jaringan Internet tidak terhubung dengan Komputer atau Laptop PC, dan File Prefill pun dimasukkan secara manual dan pembuatan prefill pun dengan cara Generate Prefill di Web Manajemen Dapodik PAUD-DIKMAS. Adapun Registrasi Online adalah Registrasi dilakukan dengan cara Komputer / Laptop terhubung dengan jaringan Internet ketika sobat melakukan Registrasi dan tidak perlu memasukan Prefill secara manual ke dalam Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS, secara otomatis prefill akan tergenerate kedalam Aplikasi Dapodik yang kita pakai.
Poin ke empat ini adalah ada sebagian Operator yang merekomendasikan ketiga menjalankan Installer dan Pengisian Aplikasi Dapodik untuk menghindari kesalahan yang tidak di inginkan, mungkin saja sobat melakukan Installer dan Pengisian tidak sesuai dengan Prosedur sehingga sobat mengalami kesalahan yang patal yang tidak bisa diatasi, ini yang sering dilakukan oleh Operator Sekolah sebelum Membaca Instruksi atau tata cara penggunaannya mereka langsung mengeksekusi, ketika ada kesalahan maka mereka mencari solusi sana sini baik melalui searching Google maupun melalui Forum padahal kesalahan nya sedikit "Langsung Mengeksekusi Tanpa Membaca Panduan". mudah-mudahan hal ini tidak terjadi kembali, luangkan waktu MEMBACA sebelum MELAKUKAN ini adalah Opeator yang Cerdas.
Pembuatan Rombel ini adalah Poko utama yang wajib anda lakukan, kenapa ? karena jika sobat tidak memasukan siswa kedalam Rombel maka Jumlah siswa tidak akan diperhitungkan, maksudnya adalah Jika di Satuan Pendidikan Sobat ada Guru Bersertifikasi maka sertifikasinya akan terancam tidak akan terbit SKTP nya atau yang biasa kita sebut Tidak Akan Cair. Maka dari itu Jangan Lupa Ketiga Pendataan Dapodik PAUD Tahun Pelajaran 2016/2017 sudah Rilis silahkan Buat Rombel dan silahkan masukkan siswa nya baik secara Otomatis Maupun secara manual saya yakin sobat sudah membaca Postingan saya sebelumnya yaitu Bagaimana Cara Meluluskan Siswa di Dapodik PAUD-DIKMAS Tahun Pelajarn 2016/2017.
Itulah 5 Rangkuman yang bisa saya tuliskan pada kesempatan ini mudah-mudahan bermanfaat dan masih banyak lagi hal-hal yang perlu kita pelajari pada tahun sebelumnya untuk menghadapi tahun ajaran baru ini atau untuk lebih jelasnya bisa sobat pilih Link Kategori Pada Blog ini yaitu Dapodik PAUD-DIKMAS DI Sini..

Sebelum saya mengakhiri tulisan ini tidak ada salahnya sebelum terlamabat walaupun tinggal beberapa hari lagi. Kami segenap Pengurus Blog PAUD ini Mengucapkan "Minal Aidzin Walfaidzin Mohon Maaf Lahir dan Bantin Syawal 1437 Hijriah".

Ditulis Oleh : Azzahra Assyifa ~ www.paudbfqnaskdb.blogspot.com

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang Rangkuman Mengatasi Dapodik PAUD. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Facebook Admin! ::

0 komentar:

Post a Comment