-->
Home » » Guru PAUD Belajar Microsoft Word Cara Membuat Surat Berantai dengan Microsoft Excel

Guru PAUD Belajar Microsoft Word Cara Membuat Surat Berantai dengan Microsoft Excel

Admin Blog PAUD kali ini akan membagikan Guru PAUD Belajar Microsoft Word Cara Membuat Surat Berantai dengan Microsoft Excel yang sudah dipelajari oleh Guru PAUD Baitul Fiqri Nasional selama 30 Menit di Ruangan Belajar anak-anak PAUD.

Bagaimana Langkah-Langkah Cara Membuat Sura Berantai dengan Microsoft Excel yang mereka Pelajari ..??

Ok sobat Blog PAUD di Nusantara, mari kita Belajar Secara Online di Blog PAUD sederhana ini, adapun Langkah-langkahnya di bawah ini :

1. Pertama silahkan anda nyalakan Komputer/Laptop yang anda pegang, dan silahkan tunggu Booting sampai selesai. Jika Komputer/Laptop Anda Loading, silahkan Install terlebih dahulu agar Pembelajaran ini lancar jaya. Heee...

2. Jika Proses Booting sudah selesai dan Tampilan Desktop sudah terlihat, silahkan buka Microsoft Word anda, dan silahkan anda Ketik Surat yang akan di buat, disini saya akan memberikan Blangko surat yang dipakai oleh kami di Lembaga PAUD.
Gambar : Contoh Surat Pemberitahuan
3. Jika sudah Anda Ketik Contoh Surat di atas, silahkan "Save As" dan silahkan Buat "Foder Baru" dengan tujuan untuk mempermudah langkah selanjutnya, adapun untuk "File Name" bebas tapi saya saya menyimpan dengan nama File "Surat Pemberitahuan Biaya Orang Tua". 

4. Langkah selanjutnya silahkan Anda buka Microsoft Excel, kemudian silahkan anda buat Database dengan Format sesuai dengan Isi surat yang anda Buat pada Microsoft Word sebelumnya. Untuk Lebih jelasnya silahkan perhatikan Gambar di bawah ini :
Gambar Ilustrasi : Pembuatan Database Surat Berantai
5. Jika anda sudah selesai membuat Database Surat Berantai, silahkan Anda Rename dan Berinama "Database" dengan tujuan mempermudah untuk mengingat, silahkan sesuaikan saja.
Gambar Ilustrasi : Memberi Nama "Database"
6. Silahkan Anda Save dan satukan dengan Surat yang anda buat dan simpan sebelumnya pada satu Folder.

7. Selanjutnya kita akan memasukan Database Excel yang kita buat tadi, dengan Cara silahkan Buka kembali Microsoft Word Surat Berantanya, kemudian silahkan Klik "Menu Mailings" kemudian Klik Start "Mail Merge --> Step by step Mail..." kemudian akan muncul dialog baru, silahkan Klik Next.. Klik Next lagi.. akan muncul seperti Gambar di bawah :
Gambar Ilustrasi
8. Silahkan Anda Pilih Browser dan silahkan Cari Database yang sebelumnya anda buat, kemudian OK,, akan muncul peringatan silahkan Klik OK lagi dan terakhir akan muncul seperti gambar dibawah ini :
Gambar Ilustrasi
9. Silahkan Anda letakkan Kursor dan silahkan Anda Pilih sesuai Job masing-masing sesuai dengan. Akan tampil seperti Gambar di bawah ini :
Gambar Ilustrasi : Menyisipkan Field
10. Jika anda sudah menyisipkan Field kemudian silahkan Klik Prewview Results, hasilnya akan seperti Gambar di bawah ini :
Gambar Ilustrasi : Hasil 
Jika Langkah di atas sudah benar, maka tampilannya seperti gambar di atas, artinya Surat Berantai sudah siap dicetak dan dibagikan kepada Wali Murid dengan nama dan jumlah biaya masing-masing. Jika masih ada pertanyaan silahkan jangan sungkan-sungkan masukkan pertanyaannya pada kotak komentar yang sudah disediakan. Terimakasih

Ditulis Oleh : Azzahra Assyifa ~ www.paudbfqnaskdb.blogspot.com

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang Guru PAUD Belajar Microsoft Word Cara Membuat Surat Berantai dengan Microsoft Excel. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Facebook Admin! ::

0 komentar:

Post a Comment