-->

Sponsor

Postingan Artikel

Cara Cek Status Pendaftaran Operator Dapodik PAUD DIKMAS di SDM.DATA.KEMDIKBUD.GO.ID

Cara Cek Status Pendaftaran Operator Dapodik PAUD DIKMAS di sdm.data.kemdikbud.go.id - Pada siang ini saya akan memberikan sebuah tutorial sederhana bagi OPS Dapodikpaudni yang masih bingung dimana untuk mengecek status pendaftarannya, kenapa saya membuat tutorial ini..?? karena tadi pagi ada masih menanyakan hal tersebut.

Pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorialnya dengan Video yang saya buat sendiri untuk mempermudah Operator Dapodikpaudni yang masih kebingungan, kemungkinan hal ini untuk OPS yang handal sudah tidak biasa lagi, tetapi bagi saya hal ini sangat penting untuk dipublikasikan.



Selamat Menyimak Video di atas, mudah-mudahan dapat dipahami, Apabila masih ada yang harus ditanyakan silahkan tanyakan langsung melalui kotak komentar yang sudah disediakan. 

Sebelum saya mengakhiri tulisan ini saya ucapkan terimakasih telah berkunjung pada Blog sederhana ini. Terimakasih

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Direktorat pembinaan paud telah menyusun rencana anggaran 2016 untuk PAUD

Pada hari Kamis, 31 Desember 2015 adalah hari terakhir untuk Direktorat PAUD dalam melaksanakan kegiatan dalam rangka menyusun rencana anggaran untuk tahun 2016. Kemarin, hotel Papyrus yang berlokasi di Bogor telah menjadi saksi bisu atas terselenggaranya kegiatan ini. Kegiatan ini sebenarnya telah dilaksanakan satu hari sebelum tanggal 31 Desember 2015. Dalam kegiatan tersebut hadir Ibu R. Ella Yulaelawati R., M.A.,Ph.D selaku Direktur Pembinaan PAUD dan sekaligus membuka acara tersebut pada tanggal 30 Desember 2015.
Direktorat pembinaan paud telah menyusun rencana anggaran 2016 untuk PAUD
Dalam kegiatan ini dihadiri pula oleh pejabat struktural dan staf terkait. Pada kegiatan itu Direktur Pembinaan PAUD menyampaikan beberapa poin penting yang menjadi programnya. Poinpoin yang dibahasnya antara lain:
1. Penentuan provinsi yang menjadi sasaran program
2. PAUD garis depan
3. Guru PAUD garis depan
4. Penumbuhan Budi Pekerti
5. Kabupaten rintisan wajib PAUD

Lain dari itu R. Ella Yulaelawati R., M.A. Ph.D memberikan imbauan sekaligus mengingatkan bahwa dalam target programnya diutarakan kuring lebih demikian: Direktorat pembinaan paud telah menyusun rencana anggaran 2016 untuk PAUD "perilaku peserta didik PAUD minimalnya ratarata baik". Berdasarkan ungkapan tersebut juga sebagai tindak lanjut dari perkataan itu maka perlu disiapkan indikator atau alat ukur valid untuk melakukan penilaian terhadap perilaku anak paud 5 - 6 tahun.

Beliau beranggapan bahwa dalam melaksanakan program tahun 2016 ada tantangan berupa jumlah paud yang telah terakreditasi. Pada catatan Direktorat PAUD, lembaga PAUD yang telah terakreditasi sudah mencapai angka 34.801 lembaga. Dengan demikian maka diperlukan adanya dukungan data PAUD yang telah diakreditasi, akreditasi PAUD yang sudah usang, dan jumlah lembaga yang sudah siap diakreditasi dengan merujuk pada delapan standar penilaian dari BAN PNFI.

Adapun target lain yang memerlukan pencapaian di tahun 2016 yaitu 43 persen dari keseluruhan kabupaten di Indonesia mempunyai lembaga PAUD terpadu yaitu Holistik Integratif. Upaya yang perlu dilakukan untuk mencapai target ini adalah dilakukannya sosialisasi atau penguatan pembelajaran curiculum PAUD dengan basis Holistik Integratif (ucap Direktur Pembinaan PAUD).

Sumber berita: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Masyarakat Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Apa Sistem Dapodik itu....!!

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Apa Sistem Dapodik itu....!!Banyak masyarakat yang belum tahu bahkan bapak/ibu guru dan TAS (Tenaga Administrasi Sekolah) yang juga belum mengerti Apa Sistem Dapodik itu? Berikut penjelasan tentang Sistem Pendataan Pendidikan Dasar.

Sistem Pendataan Pendidikan Dasar adalah Pendataan yang dilakukan untuk seluruh entitas data pokok pendidikan yang bersifat individual dan terintegrasi dari 3 entitas data pendidikan (Satuan Pendidikan, PTK dan Peserta Didik) untuk jenjang dasar (SD, SDLB, SMP, SMPLB).

Pendataan yang bersifat satu pintu artinya hanya satu-satunya sistem pendataan resmi digunakan di lingkungan Ditjen Dikdas.

Pendataan ini merupakan pendataan individual baik dari satuan pendidikan, PTK Maupun Siswanya dalam satu aplikasi pendataan yang terintegrasi dan tidak berdiri sendiri-sendiri (parsial) dari sistem pendataan sebelumnya.

INSTRUKSI MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN No. 2 TAHUN 2011
Dengan terbitnya Instruksi Menteri Pendidikan No. 2 Tahun 2011, maka seluruh satuan pendidikan diwajibkan untuk melakukan pendataan melalui sistem yang telah disiapkan oleh unit utama (Ditjen Dikdas).

Data yang dikirimkan ke dalam sistem ini akan digunakan untuk seluruh penyusunan program pendidikan baik itu bantuan, hibah, tunjangan, subsidi dan lain-lain. Data yang bersifat individual merupakan prasyarat penyaluran dana untuk kegiatan transaksional kemedikbud dengan Dinas Pendidikan Provinsi/Kab/Kota maupun satuan pendidikan.

PREFILLED
Sistem Pendataan ini merupakan hasil migrasi data NUPTK sebelumnya, sehingga bersifat Prefilled, artinya data sudah ada di dalam aplikasi untuk masing-masing sekolah, sehingga sekolah hanya melakukan updating data yang sudah disediakan. Dengan sistem prefilled mensyaratkan ketika instalasi aplikasi, selain installer juga databse dalam bentuk .zip per kab/kota dan kode registrasi per sekolah hal ini yang merupakan kode unik yang hanya dimiliki oleh satu sekolah satu kode untuk \\\\\\\"login\\\\\\\" kedalam aplikasi.

PERIODE PENGIRIMAN
Pendataan Dikdas 2012 akan berakhir pada awal bulan September 2012, hal ini mengingat data yang masuk ke dalam sistem pendataan digunakan sebagai dasar alokasi Bantuan Operational Sekolah. Dengan demikian diharapkan data seluruh nasional dapat terkumpul sebelum akhir bulan September. selain itu juga data yang masuk merupakan sumber data yang diakui oleh Kemdikbud untuk dijadikan dasar penyaluran seluruh program yang sudah disebutkan di atas.

Sumber : http://infopendataan.dikdas.kemdiknas.go.id

Demikian pembahasan tentang Apa Sistem Dapodik itu....!! yang bisa saya informasikan kembali dan semoga penjelasan ini bermanfaat dan memberikan pencerahan bagi para pembaca setia Blog PAUD Baitul Fiqri Nasional

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Penjelasan Jembatan Sungai Diatas Sungai

Penjelasan Jembatan Sungai Diatas SungaiJembatan adalah salah satu alat transportasi yang digunakan untuk melewati aliran air sungai, dan lainnya. Jembatan biasanya digunakan oleh manusia dan itu sangat wajar, tapi tidak di Jerman. Jembatan di negara ini dirancang dan dibangun khusus untuk mengalirkan air kanal untuk melintasi sungai lain di bawahnya. Sangat aneh dan unik sekali, karena ada sungai yang menglir dan dibawah sungai ada sungai lagi yang mengalir, yahh sangat membingungkan ada sungai diatas sungai.

Baca Juga : Penjelasan Ilmiah Perjalanan Pulang Selalu Terasa Lebih Cepat daripada Saat Berangkat

Jembatan Sungai Diatas Sungai
Jembatan air ini bernama Magdeburg Water Bridge, bahkan jembatan air ini adalah rekor jembatan terpanjang di dunia. Magdeburg Water Bridge didesain khusus supaya bisa dilewati oleh kapal yang menghubungkan kanal Elbe Havel ke kanal Mittelland. Jembatan Magdeburg Water Bridge juga dikenal sebagai salah satu simbol persatuan negara Jerman yaitu antara Jerman Barat dan Jerman Timur pasca berakhirnya perang dunia 2. Letak dari jembatan ini berada persis diatas sungai Elbe.

Awalnya jembatan Magdeburg Water Bridge ini pertama kali dibangun pada tahun tahun 1930. Tetapi pembangunan jembatan ini terhenti karena adanya Perang Dunia ke-2. Dan  kemudian Jerman juga terpisah menjadi 2 negara yang berbeda yaitu Jerman Barat dan Jerman Timur. Sehingga Pembangunann jembatan pun tidak dapat diseleseaikan dan terhenti ditengah jalan. Di tahun 1997 pembangunan jembatan berhasil dilanjutkan kembali. Sehingga jembatan ini  dapat beroperasi dan sudah diresmikan pada tahun 2003.

Baca Juga : Penjelasan Danau / Laut Mati Sebagai Bukti Akan Azab Kaum Nabi Luth

Jembatan ini memiliki tujuan atau fungsi dan fungsi utama dari jembatan Magdeburg Water Bridge ini adalah sebagai jalan dan sarana transportasi bagi kapal saat membawa berbagai barang dari daerah timur ke bagian barat negara Jerman. Dengan lebar 35 meter dan kedalaman 4,5 meter membuat jembatan air Magdeburg dapat dilintasi kapal. Ya, berbagai kapal-kapal bermuatan besar kerap terlihat melintasi jembatan ini.

Penjelasan Ilmiah Perjalanan Pulang Selalu Terasa Lebih Cepat daripada Saat Berangkat

Penjelasan Ilmiah Perjalanan Pulang Selalu Terasa Lebih Cepat daripada Saat BerangkatBuat kamu yang punya hobi traveling dan suka mengunjungi tempat-tempat baru, pernah tidak merasakan kalau perjalanan pulang terasa lebih cepat daripada saat pergi atau berangkat? Padahal rute dan jarak yang ditempuh sama. Tentunya hampir semua orang pernah merasakannya. Sehingga seringkali kita bertanya-tanya mengapa ini bisa terjadi?

Baca Juga : Penjelasan Jembatan Sungai Diatas Sungai

Pertanyaan inilah yang akhirnya membuat para peneliti mencoba mencari sebuah penjelasan kenapa hal ini bisa terjadi.
Gambar Ilustrasi 
Dalam sebuah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh PLoS ONE, gagasan tentang efek ini muncul dan para peneliti sepakat untuk menyebutnya sebagai fenomena 'Return Trip Effect'. Faktanya, walau terasa lebih cepat perjalanan pulang sebenarnya tidak benar-benar lebih cepat daripada perjalanan pergi. Itu semua hanya persepsi yang muncul di otak kita.

Lewat sejumlah eksperimen, para peneliti mengungkapkan bahwa saat perjalanan pergi otak kita cenderung lebih fokus terhadap rute dan objek asing yang kita jumpai selama perjalanan. Saat otak sedang fokus terhadap hal-hal baru itulah yang kemudian membuat persepsi otak terhadap waktu juga terasa lebih lama.

Sedangkan saat perjalanan pulang, jika melewati rute yang sama, otak kita sudah lebih familiar terhadap rute dan objek yang dijumpai. Ini membuat otak tidak perlu lagi bekerja keras untuk fokus. Sehingga persepsi otak terhadap waktu juga akan terasa lebih cepat.

Para peneliti juga mengungkapkan jika fenomena ini lebih sering terjadi ketika seseorang bepergian ke tempat baru yang belum pernah dikunjungi. Karena otak akan lebih fokus mengamati hal-hal asing yang belum pernah dijumpai. Sedangkan ditempat yang sudah sering kita kunjungi, fenomena ini lebih jarang terjadi.

Baca Juga : Penjelasan Danau / Laut Mati Sebagai Bukti Akan Azab Kaum Nabi Luth

Itulah penjelasan ilmiah lewat sejumlah eksperimen untuk mengungkap misteri kenapa perjalanan pulang terasa lebih cepat daripada saat pergi atau berangkat. Dengan penjelasan ini, tentunya pertanyaan kita sudah terjawab dan kita tidak perlu lagi menganggap ini suatu hal yang aneh. Semoga informasi ini dapat menambah ilmu dan wawasan kita.

Sumber : Brilio

Penjelasan Danau / Laut Mati Sebagai Bukti Akan Azab Kaum Nabi Luth

Penjelasan Danau / Laut Mati Sebagai Bukti Akan Azab Kaum Nabi LuthDanau berbeda dengan laut, karena danau berada di daratan sementara laut di perairan. Tetapi tidak bagi danau ini, danau ini terkenal sebagai danau asin dengan luasan nya yang mencapai 76 Km panjangnya dan memiliki lebar 16 Km dan kemudian danau ini dikenal sebagai laut. Laut ini berada pada 420 meter di bawah permukaan laut yang merupakan daerah terendah di permukaan bumi.

Baca Juga : Penjelasan Ilmiah Perjalanan Pulang Selalu Terasa Lebih Cepat daripada Saat Berangkat

Gambar Ilustrasi : Danau / Laut Mati Sebagai Bukti Akan Azab Kaum Nabi Luth
Laut yang berada diantara wilayah Jordania dan Israel disebut sebagai Laut Mati. Menariknya laut ini sangat asin dari laut biasanya, karena terdapat kadar garam yang sangat tinggi. Kadar garam di laut mati ini mencapai 31.5 % yang berarti 9 kali lipat dari kadar garam laut normal yang sekitar 3,5 %.

Dengan kadar garam yang sangat tinggi, dan tidak normal sehingga membuat semua benda bisa terapung dan tidak tenggelam, kecuali batu. Bahkan manusia tidak perlu bersusah payah berenang agar dapat mengapung, karena saat berada di laut mati tubuh manusia akan dapat mengapung dengan sendirinya, sangat ajaib.

Baca Juga : Wisata Curug Munding Mulai Terlirik dengan Keindahan Air Terjunnya

Harus kamu ketahui bahwa salah satu cerita mengenai asal muasal laut ini adalah cerita mengenai kaum Nabi Luth, yang bercerita tentang bagaimana hancurnya moral manusia pada masa itu yaitu dengan melakukan hubungan seksual sesama jenis. Dalam berbagai penelitian yang dilakukan, peristiwa atau lokasi kejadian diazabnya umat Luth AS ini adalah di Kota Sodom, di daerah yang sekarang dikenal dengan nama Laut Mati atau di danau Luth yang terletak di perbatasan antara Israel dan Yordania.
Gambar Ilustrasi
Keberadaan umat Nabi Luth di sekitar laut mati ini diperkuat dengan ulasan National Geographic edisi Desember 1957. ''Gunung Sodom, tanah gersang dan tandus muncul secara tajam di atas Laut Mati. Belum pernah seorang pun menemukan Kota Sodom dan Gomorah yang dihancurkan, namum para akademisi percaya bahwa mereka berada di Lembah Siddim yang melintang dari tebing terjal ini. Kemungkinan air bah dari Laut Mati menelan mereka setelah gempa bumi.''terlepas dari cerita itu semua laut mati ini memiliki cerita lain dari segi ilmiah yaitu mengenai kadar garam nya yang tinggi.

Terjadi penurunan debit air di laut ini yang mencapai 1 meter tiap tahun nya dikarenakan jumlah air yang masuk dari sungai jordan banyak di pakai untuk keperluan irigasi sehingga pasokan ke laut ini menjadi berkurang dan penguapan nya sangat tinggi, inilah yang menyebabkan mengapa laut ini menjadi asin. Tak ada ikan yang hidup di situ, dan air laut mati bila terkena mata akan sangat perih.

Bahkan lumpur laut yang ada di laut ini memiliki khasiat tersendiri bagi kaum wanita khususnya sebagai penghalus kulit. Selain kandungan garam yang amat sangat tinggi, air Laut Mati juga banyak mengandung kalium, magnesium, dan bromium, mungkin karena itulah lumpur laut mati ini dianggap sangat berkhasiat.

Baca Juga : Penjelasan Jembatan Sungai Diatas Sungai

Israel, Palestina dan jordania sepakat untuk menyelamatkan laut mati ini karena dampak bila terjadi kerusakan pada ekosistem laut mati ini akan sangat buruk bagi kawasan tersebut, tindakan penyelamatan antara lain menyuplai air dari laut merah ke laut mati dengan membuat kanal kanal untuk menghubungkan kedua laut tersebut yang jaraknya sekitar 200 Km.

Penyebab Mabuk / Muntah-Muntah Ketika Naik Mobil

Penyebab Mabuk Ketika Naik MobilMuntah-muntah (mual) saat dalam perjalanan atau yang sering disebut dengan mabuk perjalanan ini biasanya lebih sering dialami oleh penumpang mobil yang duduk di kursi belakang. Gejala ini terjadi bukan karena faktor kursi belakang yang dekat dengan saluran gas buang mesin kendaraan, melainkan ada sebab lain yang lebih kompleks. Apa itu....????
Gambar Ilustrasi :Penyebab Mabuk / Muntah-Muntah Ketika Naik Mobil 
Mabuk kendaraan atau disebut juga motion sickness terjadi ketika seseorang berada dalam kendaraan yang bergerak baik mobil, kapal laut maupun pesawat terbang. Gejalanya bervariasi mulai dari pusing atau vertigo, mata berkunang-kunang, muncul keringat dingin hingga perut mual dan ingin muntah.
Ketika penumpang tidak bisa melihat ke luar, otak mengalami kebingungan dalam mengkoordinasikan panca indra. Di satu sisi, mata melihat benda-benda di hadapannya seolah diam (tidak bergerak) terhadapnya, di sisi lain telinga mendengar suara angin dan gesekan ban dengan aspal yang mengesankan adanya pergerakan.

Bagi penumpang yang duduk di kursi belakang yang pandangannya terhalang deretan kursi depan, mata tidak menangkap adanya tanda-tanda tubuh sedang ikut bergerak bersama kendaraan. Sementara itu sensor pergerakan yang terdapat di telinga bagian dalam mengirim pesan yang berbeda ke otak, bahwa sebenarnya tubuh sedang bergerak.

Kebingungan yang sama juga terjadi saat bermain video game yang melibatkan pergerakan obyek di layar monitor, misalnya balapan atau tembak-tembakan alias First Person Shot (FPS). Berdasarkan teori ini, pusing dan mual-mual yang dialami saat bermain video game mekanismenya sama seperti mabuk kendaraan.

Meski sampai sekarang teori ini paling banyak dipakai, kenyataannya penyebab mabuk kendaraan sangat kompleks dan kebingungan otak dalam mengkoordinasikan pancaindra bukan satu-satunya faktor yang berpengaruh. Sebab, teori ini tidak bisa menjelaskan mengapa orang buta juga bisa mabuk kendaraan.

Namun paling tidak, mengkondisikan mata dan telinga agar selalu sejalan dalam menyampaikan pesan ke otak tentang pergerakan yang dialami tubuh cukup membantu untuk mengatasi mabuk perjalanan. Caranya dengan memilih duduk di kursi depan, atau paling tidak di samping jendela

Baca Juga : Cara Merawat Anak Sakit

Bagi yang sering mengalami mabuk perjalanan, berikut ini hal-hal yang bisa dilakukan selama perjalanan seperti dikutip dari Medicinenet :

Tips saat melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan :

  1. Jika berada dalam mobil, pilih tempat duduk di bagian depan agar pandangan lebih leluasa. Di dalam kapal atau pesawat, cari posisi yang paling memungkinkan untuk melihat dan merasakan adanya pergerakan misalnya di dekat jendela.
  2. Jangan membaca buku di dalam kendaraan yang sedang berjalan dan sebisa mungkin jangan duduk menghadap ke belakang.
  3. Jangan melihat atau mengajak bicara penumpang lain yang sedang merasa mual akibat mabuk perjalanan, karena pasti akan mempengaruhi.
  4. Hindari makanan dengan rasa dan aroma yang menyengat, sesaat sebelum dan selama perjalanan. Belum ada bukti ilmiah bahwa minuman bersoda dapat mengurangi gejala mabuk kendaraan.
  5. Jika perlu, minum obat antimabuk sebelum berangkat. Bagi sebagian orang, wewangian beraroma citrus bisa mengatasi rasa mual saat mabuk perjalanan.
Nah, itulah penjelasan kenapa orang yang duduk di kursi belakang bisa berpotensi mengalami mabuk perjalanan ketimbangorang yang duduk di kursi depan atau dekat jendela. Semoga informasi ini dapat membantu sobat semua yang akan melakukan perjalanan jauh, baik dengan mobil, kereta api, kapal laut, ataupun pesawat. Semoga perjalanannya lancar dan lebih menyenangkan tanpa adanya mabuk perjalanan.

Sumber : Cerminan

Yuk Membuat Website atau Blog untuk Lembaga PAUD Kita

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Yuk Membuat Website atau Blog untuk Lembaga PAUD Kita - Malam ini saya akan membuatkan daftar tutorial yang bisa sobat pelajari untuk pengembangan Wesite/Blog Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), saya rasa hal tersebut sangat penting dalam pengembangan kreativitas sebuah lembaga yang kita kelola, bahkan banyak manfaat yang bisa kita ambil dari sebuah website/blog satuan pendidikan yang kita kelola.
Gambar Ilustrasi : Pembuatan Blogger

Tidak menutup kemungkinan dari website/blog yang kita kelola mendapatkan sorotan penting dari para orang tua siswa yang sudah mengetahui dunia browsing, dan tidak menutup kemungkinan para orang tua tertarik untuk memasukan Anaknya pada Lembaga PAUD.

Para sahabat Blog PAUD Baitul Fiqri Nasional, saya sebagai admin mengajak kepada Anda untuk membuatkan sebuah Website/Blog untuk Satuan Pendidikan, dengan itu Sobat bisa memasang karya Anak-Anak nya bahkan Poto-Poto Kegiatan pada sebuah Website yang sobat kelola.

Apabila sobat tertarik dan ingin mempelajarinya silahkan ikuti saya disini melalui Link-Ling Aktif yang saya sediakan dan silahkan gunakan secara bijak.


Itulah daftar Link aktif untuk membuat sebuah Website / Blog Lembaga Satuan Pendidikan yang sobat pelajari, silahkan gunakan dan pelajari Tutorial di atas, mudah-mudahan dapat dipahami dan mudah dipraktikan.
Cukup sekian dari saya artikel tentang Yuk Membuat Website atau Blog untuk Lembaga PAUD Kita, yang bisa saya tulis pada Blog sederhana ini, dan jangan lupa berikan komentarnya. Terimakasih

NB : Jika Link di atas yang tidak aktif silahkan masukkan Komentar Anda di bawah ini 

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Metoda Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini

Metoda Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini - Artikel ini Lanjutan dari Perkembangan Bahasa Anak.

Silahkan Baca Dulu : Perkembangan Bahasa Anak Di Sini 

Pada artikel ini akan membahas tentang Metode Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini yang perlu kita perhatikan, dimana metode ini menurut saya sangat penting untuk kita pelajari dalam mendidik di Satuan Pendidikan (SP) masing-masing.

Metoda Pengembangan bahasa Anak Usia Dini

Metoda yang digunakan guru dalam mengembangkan kemampuan berbahasa anak usia dini.

1. Metoda Bercerita

a. Pengertian
Metoda bercerita merupakan salah satu pemberian pengalaman belajar bagi Anak Usia Dini dengan membawakan cerita kepada anak secara lisan. Cerita yang dibawakan guru harus menarik dan mengundang perhatian anak.
Penggunaan bercerita sebagai salah satu strategi pembelajaran untuk Anak Usia Dini, haruslah memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
  1. Isi cerita harus terkait dengan dunia kehidupan anak, sehingga anak memahami isi cerita tersebut
  2. Kegiatan bercerita diusahakan dapat memberikan perasaan gembira.lucu dan mengasyikan sesuai dengan kehidupan anak yang penuh suka cita.
  3. Kegiatan bercerita diusahakan menjadi pengalaman yang bersifat unik dan menarik bagi anak.
Untuk dapat bercerita dengan baik, pendidik harus memperhatikan hal-hal berikut:
  1. Menguasai isi cerita secara tuntas
  2. Memiliki ketrampilan bercerita
  3. Berlatih dalam irama dan modulasi suara secara terus-menerus
  4. Menggunakan perlengkapan yang menarik perhatian anak
  5. Menciptakan situasi emosional sesuai dengan tuntutan cerita.
Teknik-teknik yang bisa digunakan guru dalam membacakan cerita:
  1. Membaca langsung dari buku cerita
  2. Bercerita dengan menggunakan ilustrasi gambar dari buku
  3. Menceritakan dongeng
  4. Bercerita dengan papan flannel
  5. Bercerita dengan menggunakan media boneka
  6. Dramatisasi suatu cerita
  7. Bercerita sambil memainkan jari-jari tangan
b. Manfaat bercerita bagi anak:
  1. Bagi Anak Usia Dini mendenganrkan cerita yang menarik yang dekat dengan lingkungannya merupakan kegiatan yang mengaksyikan.
  2. Guru dapat menanmkan kegiatan bercerita untuk menanamkan kejujuran, keberanian,kesetiaan, keramahan,ketulusan,dan sikap-sikap positif yang lain daalm kehidupan lingkungan keluarga, sekolah dan luar sekolah.
  3. Memberikan sejumlah pengetahuan sosial, nilai-nilai moral dan keagamaan.
  4. Memberikan pengalaman untuk belajar dan berlatih mendengarkan
  5. Memungkinkan anak untuk mengembangkan kemampuan kognitif, efektif maupun psikomotorik.
  6. Memungkinkan dimensi perasaan anak.
  7. Memberika informasi tentang kehidupan sosial anak dengan orang-orang yang ada di sekitarnya dengan bermacam pekerjaan.
  8. Membantu anak membangun bermacam peran yang mungkin dipilih anak, dan bermacam layanan jasa yang ingin disumbangkan anak kepada masyarakat.
  9. Tujuan Kegiatan Bercerita bagi Anak Usia Dini :
  • Menanamkan pesan-pesan atau nila-nilai sosial, moral dan agama yang terkandung dalam sebuah cerita.
  • Guru memberikan informasi tentang lingkungan fisik dan lingkungan sosial yang perlu diketahui oleh anak.
d. Tema Kegiatan bercerita bagi Anak Usia Dini
Tema yang dipilih sebagai materi sangatlah banyak dan beragam, diantaranya adalah tema-tema yang berkaitan dengan kehidupan anak sehari-hari.

e. Prosedur Pelaksanaan Kegiatan Bercerita:
  1. Menetapkan tujuan dan tema cerita
  2. Menetapkan bentuk bercerita yang dipilih
  3. Menetapkan bahan dan alat yang diperlukan dalam kegiatan bercerita
  4. Menetapkan langkah-langkah kegiatan bercerita

2. Metoda Bercakap-cakap

a. Pengertian Metoda
Metoda bercakap-cakap merupakan suatu penyampaian pengembangan yang dilaksanakan melalui bercakap-cakap antara guru dengan anak.
Tujuan meroda bercakap-cakap menurut Moeslihatun (1999) adalah:
  1. Mengmbangkan kecakapan dan keberanian anak dalam menyampaikan pendapat kepada siapapun.
  2. Memberi kesempatan pada anak untuk berekspresi secara lisan
  3. Memperbaiki lafal dan ucapan anak
  4. Mengembangka intelegensi anak
  5. Menambah perbendaharaan kosa kata
  6. Melatih daya tangkap
  7. Melatih daya fikir dan fantasi anak
  8. Menambah pengetahuan dan pengalaman anak
  9. Memberikan kesenangan pada anak
  10. Merangsang anak untuk belajar membaca dan menulis
b. Bentuk metoda bercakap-cakap
  1. Bercakap-cakap bebas
  2. Bercakap-cakap menurut pokok bahasan
  3. Bercakap-cakap dengan menggunakan gambar seri

3. Metoda Tanya Jawab

Metoda tanya jawab biasanya dapat digunakan dengan metoda lain yang disebut metoda bantu.Menurut Depdikbud (1998) adalah suatu metoda dalam pengembangan bahasa yang dapat memberi rangsangan agar anak aktif untuk berfikir, melalui pertanyaan-pertanyan guru, anak akan berusaha memahaminya dan menenukan jawabannya.

4. Metoda Bermain Peran

Metoda bermain peran merupakan salah satu metoda yang dapat digunakan dalam mengmbangkan kemampuan bahasa dimana diupayakan untuk membantu anak dalam menemukan makna dari lingkungan yang bermanfaat dan memecahkan masalah yang dihadapi dengan kelompok sebayanya.

Kesimpulan:
Bahasa merupakan alat untuk berkomunikasi, dapat digunakan untuk berfikir, mengekspresikan perasaan dan melalui bahasa dapat menerima pikiran dan perasaan orang lain.

Perkembangan bahasa dimulai sejak bayi dan mengandalkan perannya pada pengalaman, penguasaan dan pertumbuhan bahasa.

Pengembangan kemampuan berbahasa bagi Anak Usia Dini bertujuan agar anak mampu berkomunikasi secara lisan dengan lingkungannya.

Konteks pengembangan bahasa meliputi: mendengarkan , berbicara, membaca, dan menulis dini. Dalam mengembangkan kemampuan bahas anak, guru/tutor dapat memilih strategi dan metoda secara bervariasi. Kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan dalam mengembangkan kemampuan berbahasa adalah kegiatan yang dapat menstimulasi kemampuan mendengarkan, berbicara dam menulis. Metoda bercerita merupakan salah satu metoda yang banyak dipergunakan untuk Anak Usia Dini.Cerita yang dibawakan guru harus menarik dan mengundang perhatian anak dan tidaj lepas dari tujuan pendidikan bagi Anak Usia Dini.


Demikian Artikel Tentang Metoda Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini, mudah-mudahan bermanfaat dan jangan lupa berikan komentarnya. Terimakasih