-->

Apa Harapan Sobat Pada Pendataan Dapodik PAUD-DIKMAS Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016

Salam Sejahtera - Pada malam yang dingin ini saya akan membuat sebuah artikel tentang Harapan Operator Dapodik PAUD-DIKMAS Pada Pendataan Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016 yang mendatang, apabila Operator Diperintahkan Oleh pusat untuk mengupdate Aplikasinya pada Semester 2 yang mendatang.

Sebelumnya saya sangat antusias sekali dengan Pendataan melaui Dapodik PAUD-DIKMAS ini, untuk menuju kualitas data dalam satu pintu yaitu Dapodik PAUD-DIKMAS. Dapodik adalah satu-satu nya pendataan yang akan dijadikan dasar semua bantuan dari pemerintah diantaranya Bantuan Operasional yang sering kita sebut BOP, Aneka Tunjangan, diantaranya Tunjangan Sertifikasi, Tunjangan Akademik. Tunjangan Fungsional, dan sebagainya ini adalah harapanku.

Selama ini PAUD masih dalam transisi baik dalam bantuan-bantuan lembaga, Tutor, maupun perhatian Khusus dari pemerintah, saya sebagai Ketua Pengelola mengharapkan Pendataan ini dijadikan Dasar untuk kebijakan pemberian bantuan kepada lembaga sama hal nya seperti Dikdas dan Dikmen.

Kepada seluruh sahabat setanah air, mari kita sukseskan pendataan ini, kemungikinan besar Pemerintah mempunyai tujuan Khusus kepada Lembaga-lemabag PAUD yang ada di Tanah Air ini, maka dari saya mengharapkan "KOEMNTAR HARAPAN" sobat pada blog sederhana ini. Terimakasih

DOWNLOAD CONTOH SILABUS TK DAN RA

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Salam Sejahtera - Pada kesempatan ini saya akan membagikan DOWNLOAD CONTOH SILABUS TK DAN RA  yang saya dapat dari Pak Vicki Vecki, beliau adalah senior di Grup Dapodik PAUD Dikmas, saya banyak belajar dari beliau, jika sobat ingin berteman dengan beliau silahkan kunjungi Kronoligi Beliau dan silahkan Add ingsya allah akan banyak ilmu yang sobat dapat dari beliau.
Gambar : Contoh Lampiran SKM
Bagi sobat yang belum sempat mendownload DOWNLOAD CONTOH SILABUS TK DAN RA, saya juga memasangnya di blog sederhana ini yang masih banyak kekurangan, tetapi itu semua tidak menjadikan saya patah semangat untuk berbagi informasi, trik dan tip, tutorial dan sebagainya. Silahkan download DOWNLOAD CONTOH SILABUS TK DAN RA , di bawah ini :

DOWNLOAD CONTOH SILABUS TK - RA


Demikian DOWNLOAD CONTOH SILABUS TK DAN RA yang bisa saya bagikan, mudah-mudahan bermanfaat dan dijadikan dasar untuk kita semua dalam menyusun RPP di lembaga masing-masing. sebelumnya saya ucapkan terimakasih kepada Bapak Vicki Vecki sebagai senior saya dalam pendataan Dapodik PAUD-DIKMAS ini. Wassalam ....

Standar Lama Waktu Pembelajaran PAUD (TK KB TPA SPS)

Salam - Sejahtera - Lama Belajar PAUD/ Jam Belajar PAUD. Standar Lama Waktu Pembelajaran PAUD (TK KB TPA SPS) sesuai Kurikulum 2013 PAUD terbaru Permendikbud 146 Tahun 2014.

Silahkan Download Permendikbud 146 Tahun 2014

Lama belajar merupakan keseluruhan waktu untuk memperoleh pengalaman belajar yang harus diikuti anak dalam satu minggu, satu semester, dan satu tahun. Lama belajar pada PAUD dilaksanakan melalui pembelajaran tatap muka.

Salam Sejahtera - Siang ini mudah-mudahan kita diberikan ke berkahan oleh Allah swt. dan Alhamdulilah pada kesempatan ini saya akan menjawab pertanyaan-pertanyaan sobat pada Kotak Komentar yang begitu ramai diperbincangkan. Silahkan para sahabat www.paudbfqnaskdb.blogspot.com simak dengan secara seksama tentang Standar Lama Waktu Pembelajaran PAUD (TK KB TPA SPS). Pertanyaan sebelumnya yaitu Berapa jam belajar anak PAUD di sekolah ...??? Tentang durasi lama waktu belajar di sekolah PAUD bagi anak sudah ditetapkan dalam peraturan kurikulum PAUD yang dikeluarkan pemerintah.

Belajar melalui bermain adalah kegiatan belajar anak yang dilakukan melalui suasana dan aneka kegiatan bermain. Pembelajaran pada satuan PAUD dilakukan dengan lama belajar dan pelaksana pengasuhan terprogram.

Standar Lama Waktu Pembelajaran PAUD (TK KB TPA SPS) ditetapkan atas dasar kelompok usia sebagai berikut:
  1. Kelompok usia lahir sampai 2 (dua) tahun dengan lama belajar paling sedikit 120 menit per minggu;
  2. Kelompok usia 2 (dua) tahun sampai 4 (empat) tahun dengan lama belajar paling sedikit 360 menit per minggu; dan 
  3. Kelompok usia 4 (empat) tahun sampai 6 (enam) tahun dengan lama belajar paling sedikit 900 menit per minggu.


Bagaimana jika jam belajar sekolah PAUD tidak mencapai Target ...?

Bagi lembaga PAUD untuk kelompok usia 4-6 tahun yang tidak dapat melakukan pembelajaran 900 menit perminggu, maka wajib melaksanakan pembelajaran 540 menit dan ditambah 360 menit pengasuhan terprogram.

Bentuk Pengasuhan terprogram sebagaimana dimaksud adalah kegiatan pengasuhan orang tua yang dibina oleh satuan PAUD (Parenting Education PAUD).

Penelitian menunjukkan bahwa masa peka belajar anak dimulai dari anak dalam kandungan sampai 1000 hari pertama kehidupannya. Menurut ahli neurologi, pada saat lahir otak bayi mengandung 100 sampai 200 milyar neuron atau sel syaraf yang siap melakukan sambungan antar sel.

Sekitar 50% kapasitas kecerdasan manusia telah terjadi ketika usia 4 tahun, 80% telah terjadi ketika berusia 8 tahun, dan mencapai titik kulminasi 100% ketika berusia 8 sampai 18 tahun.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa stimulasi pada usia lahir-3 tahun ini jika didasari pada kasih sayang bahkan bisa merangsang 10 trilyun sel otak.  Namun demikian, dengan satu bentakan saja 1 milyar sel otak akan rusak, sedangkan tindak kekerasan akan memusnahkan 10 miliar sel otak.

Contoh Jam Belajar PAUD:
TK Kunjung Anyelir memberi layanan untuk anak usia 4-6 tahun sebanyak 3 kali dari pukul 08.00 – 11.00. Seharusnya layanan untuk anak usia 4-6 tahun selama 90 jam / minggu. Berarti TK Kunjung Anyelir kekurangan 56 jam pelajaran.

Maka kekurangan tersebut dilengkapi dengan program pengasuhan yang disusun oleh TK Guru Kunjung Anyelir untuk orang tua peserta didik agar melanjutkan kegiatan pembelajaranna di rimah melalui proses pengasuhan.


Permendikbud 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD

Salam Sejahtera - Pada kesempatan ini saya akan membagikan Permendikbud 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD. Silahkan sobat Download Permendikbud 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD dan Lampirannya. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Adapun Struktur kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memuat program-program pengembangan yang mencakup diantaranya :
a. Nilai agama dan moral;
b. Fisik-motorik;
c. Kognitif;
d. Bahasa;
e. Sosial-emosional; dan
f. Seni.

Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini bertujuan untuk mendorong perkembangan peserta didik secara optimal sehingga memberi dasar untuk menjadi manusia Indonesia yang memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia.

Pentingnya Kurikulum PAUD 2013 sebab PAUD merupakan pendidikan yang paling fundamental karena perkembangan anak di masa selanjutnya sangat ditentukan oleh berbagai stimulasi bermakna yang diberikan sejak usia dini. Pendidikan anak usia dini harus dipersiapkan secara terencana dan bersifat holistik agar dimasa emas perkembangan anak mendapatkan distimulasi yang utuh, sehingga mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki anak.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam rangka pengembangan potensi tersebut adalah dengan program pendidikan yang terstruktur. Salah satu komponen untuk pendidikan yang terstruktur adalah kurikulum.

Adapun Lampiran Permendikbud 146 Tahun 2014 teng PAUD Adalah Sebagai Berikut :
1.  Kerangka Dasar Kurikulum dan Struktur Kurikulum PAUD 2013
2.  Pedoman Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak
3.  Pedoman Pengembangan KTSP
4.  Pedoman Pembelajaran
5. Pedoman Penilaian
Silahkan sobat Downliad Permendikbud 146 dan Lampirannya di bawah ini :

DOWNLOAD Permendikbud 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD + Lampirannya


Kurikulum untuk anak berkelainan atau berkebutuhan khusus merupakan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini yang dikembangkan lebih lanjut sesuai dengan potensi dan kebutuhan anak.

Belajar melalui bermain adalah kegiatan belajar anak yang dilakukan melalui suasana dan aneka kegiatan bermain. Program pengembangan digunakan untuk pencapaian Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.

Kompetensi Inti (KI) pada Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai STPP yang harus dimiliki peserta didik PAUD pada usia 6 tahun.
Jadi Kompetensi Inti merupakan operasionalisasi dari STPP dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki anak dengan berbagai kegiatan pembelajaran melalui bermain yang dilakukan di satuan PAUD. Kualitas tersebut berisi gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Selengkapnya download Permendikbud 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD melalui tautan diatas Penilaian

Demikian yang bisa saya bagikan tentang Permendikbud 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD, mudah-mudahan bermanfaat. Terimakasih

Cara Mengatasi Lupa Pasword dan Username/Email Dapodik PAUD-DIKMAS

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Cara Mengatasi Lupa Pasword dan Username/Email Dapodik PAUD-DIKMAS - Dengan banyaknya pertanyaan-pertanyan yang masuk di salah satu komentar Artikel sebelumnya salah satunya juga ada para sahabat yang menanyakan bagaimana jika kita lupa Email dan Pasword Dapodik PAUD…??.

Dari pertanyaan berikut hati saya terketuk untuk membuat sebuah Artikel atau Tutorial Cara Mengatasi Lupa Pasword dan Username/Email Dapodik PAUD-DIKMAS, bagi sahabat PAUD Baitul Fiqri Nasional yang mempunyai permasalahan tersebut silahkan simak penjelasan saya di bawah ini :

Penjelasan Tata Cara Mengatasi Lupa User Name/Email dan Pasword Dapodik PAUD-DIKMAS sebagai berikut :

Pertama :
Silahakan Hidupkan Komputer sobat, dan silahkan buka local disk C à Pilih Program Files à Pilih Folder Dapopaudni, untuk lebih jelasnya silahkan Lihat Gambar di Bawah ini :
Gambar Ilustrasi : Cara Mengatasi Lupa User Name/Email dan Pasword Dapodik PAUD-DIKMAS
(sorot gambar untuk meperbesar)
Kedua :
Silahkan Klik Dua kali Dapopaudni, nanti sobat akan diarahkan ke folder Dapopaudni, silahkan pilih Dataweb. Untuk lebih jelasnya silahkan Lihat Gambar Ilustrasi di bawah ini :
Gambar : Silahkan Klik Dua Kali Dataweb
(Sorot Gambar Untuk Memperbesar)
Gambar : Silahkan Klik Dua Kali app
(Sorot Gambar Untuk Memperbesar)
Gambar : Silahkan Klik Dua Kali Log
(Sorot Gambar Untuk Memperbesar)
Gambar : Silahkan Klik Dua Kali Runtime 
(Sorot Gambar Untuk Memperbesar)
Jika sudah di Klik 2 x Runtime, sobat akan dibawa ke File tersebut seperti Gambar di atas, silahkan Tekan CTR:+ F pada keyboard, silahkan tulis user dan Enter. Untuk Lebih jelasnya silahkan lihat Gambar di Atas.

Jangan lupa silahkan sobat tulis Email dan Pasword, bila perlu tulis semuanya sampai ke No. HP. jika sobat lupa Kode Registrasi silahkan Juga Tulis Koreg yang terdapat di dalamnya. 

Cukup sekian artikel tentang Cara Mengatasi Lupa Pasword dan Username/Email Dapodik PAUD-DIKMAS, mudah-mudahan bermanfaat dan mudah dipahami. Apabila masih bingung dengan langkah-langkah di atas silahkan tanyakan langsung pada Kotak Komentar yang sudah disediakan. Terimakasih

Download Kisi-kisi Soal UKG Guru TK 2015

Salam Sejahtera - Pada Kesempatan ini saya akan membagikan Download Kisi-kisi Soal UKG Guru TK 2015 adapun soal-soal UKG 2015 untuk guru TK / Paud dimungkinkan akan dikembangkan dari sekitar 10 kompetensi pedagogik dan sekitar 6 kompetensi profesional, masing-masing beserta sub kompetensi, dan indikator esensialnya. Kompetensi pedagogik yang dimaksud diantaranya adalah penguasaan karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. 

Selanjutnyanya penguasaan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, pengembangan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu, menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik, memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki, berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran, serta yang ke-10 melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.

Sedangkan diantara kompetensi profesional yang dimaksud untuk Guru TK diantaranya meliputi penguasaan materi struktur konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung matapelajaran yang diampu, menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu, dan mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.

Dan selain itu mengkatagorisasikan komponenrefleksi kinerja guru, mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif, dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.

Soal UKG Guru dikembangkan dari kisi-kisi sesuai mata pelajaran yang bersangkutan, saran kami kepada Bapak/Ibu Guru TK/Paud adalah kembangkan kisi-kisi yang dipublikasikan secara resmi oleh Pemerintah. Kisi-kisi yang dimaksud adalah kisi-kisi UKG TK 2015 dari Kemdikbud yang bisa di didownload di Bawah Ini 

Download Kisi-kisi Soal UKG Guru TK 2015.

Cukup sekian dari Download Kisi-kisi Soal UKG Guru TK 2015, semoga Kisi-kisi Soal UKG Guru TK tahun 2015 dapat bermanfaat. Terimakasih

Sumber :  Kemdikbud

Cara Menghitung Jumlah Data Laki-laki/Perempuan pada Microsoft Excel

Salam Sejahtera – Pada kesempatan  ini saya akan memberikan sebuah tips tentang Cara Menghitung Jumlah Data Laki-laki/Perempuan pada Microsoft Excel. Kita akan menggunakan rumus COUNTIF, adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :


Pertama :

Silahkan Sobat perhatikan sel C2 sampai C18 itulah data laki-laki dan perempuan yang akan kita hitung.
Gambar Ilustrasi : C2 dan C18 - Mencari Jumlah Laki-laki (L)
Langkah Kedua :
Dari langkah pertamanya adalah kita ketikkan rumus di sel C19 untuk jumlah laki-laki=COUNTIF(C2:C18;"L") lalu tekan ENTER maka hasilnya akan ketahuan yaitu 13 Orang, untuk lebih jelasnya silahkan lihat Gambar di bawah ini :
Gambar Ilustrasi : Menunjukan Hasil
Untuk menghitung jumlah perempuannya  caranya hampir sama hanya saja kita tinggal mengganti hurp L nya dengan hurp P pada rumus tersebut contoh =COUNTIF(C2:C18;"L")  kita ganti hurup L nya =COUNTIF(C2:C18;"P") maka hasilnya akan ketahuan.


Demikian artikel Cara Menghitung Jumlah DataLaki-laki/Perempuan pada Microsoft Excel, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat. Terimakasih

Cara Cek Hasil Sinkronisasi Dapodik PAUD melalui Akun Manajemen PAUD

Salam Sejahtera - Malam ini saya akan memberikan sebuah tutorial Cara Cek Hasil Sinkronisasi Dapodik PAUD melalui Akun Manajemen PAUD, hal ini sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi Operator Sekolah, tetapi teman-teman masih banyak kebingungan untuk menggunakan fasilitias tersebut.

Dengan disediakannya fasilitas Manajemen PAUD, agar setiap Operator Sekolah mengecek semua data yang sudah dikirimkan/disinkronkan melalui Aplikasi Dapodik PAUD masing-masing, tetapi apa yang terjadi di lapangan Operator Sekolah masih banyak yang belum bisa masuk ke Akun Manajemen Dapodik PAUD-DIKMAS yang sudah disediakan fasilitasnya.

Sementara Fasilitas Manajemen PAUD yang sering kita gunakan masih memilih dan memilah siap saja yang bisa mengakses Akun tersebut di antaranya mempunyai persyaratan tertentu :

1. Fasilitas Manajemen PAUD bisa di akses / login / masuk oleh Operator Sekolah dengan persyaratan Operator sewaktu Registrasi Menggunakan Registrasi Online.

2. Username dan Pasword yang digunakan untuk mengakses / Masuk sebagai pengguna Manajemen PAUD adalah Username dan Pasword Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS.

Jika persyaratan di atas sudah terpenuhi, silahkan Akses Akun Manajemen Dapodik PAUD-DIKMAS KLIK DI SINI
Gambar Ilustrasi : Ikuti Susunan di Atas
(Sorot Gambar Untuk Memperbesar)
Gambar Ilustrasi Ke Dua
(Sorot Gambar Untuk Memperbesar)
Gambar Ilustrasi : Sukses Login Ke Akun Manajemen PAUD
(Sorot Gambar Untuk Memperbesar)
Jika sudah seperti tampilan Gambar di Atas silahkan Klik Detail KB/TK yang di tuju, contoh di atas adalah KB Baitul Fiqri Nasional, silahkan tunggu sebentar tergantung jaringan sobat Heee... Hee... Jika sudah tampil ke Halaman utama silahkan Krosecek data masing-masing, seperti Nama Lembaga s/d Kode Pos dan sebagainya, pokonya jangan sampai ada yang kelewat seperti Data Guru, Induk, Bukan Induk.... Untuk lebih jelasnya seperti tampilan Gambar di bawah ini :
Gambar Ilustrasi : Data Rincian Peserta Didik
(Sorot Gambar Untuk Memperbesar)
Gambar Ilustrasi : Data Rincian Lembaga
(Sorot Gambar Untuk Memperbesar)

Gambar Ilustrasi : Data Rincian Lembaga
(Sorot Gambar Untuk Memperbesar)
Gambar di atas adalah sebagai ilustrasi saja, silahkan kroscek data masing-masing lembaga, jika masih ada data yang tidak sesuai silahkan perbaiki melalui Aplikasi Dapodik masing-masing dan jangan lupa sinkronkan kembali.

Demikian informasi Cara Cek Hasil Sinkronisasi Dapodik PAUD melalui Akun Manajemen PAUD, mudah-mudahan bermanfaat, bagi sobat yang masih ada kendala dalam pendataan PAUD melalui Dapodik silahkan tanyakan langsung melalui kotak komentar yang sudah saya sediakan. Terimakasih

Ayo Cek Peserta UKG Online Tahap 2 untuk PAUD

Salam Sejahtera - Dengan malam yang berbahagia ini saya menyarankan kepada sahabat Paud Baitul Fiqri Nasional untuk mengecek Peserta UKG Online Tahap 2 untuk PAUD, sehingga saya akan memberikan judul artikel ini Ayo Cek Peserta UKG Online Tahap 2 untuk PAUD, mudah-mudahan Artikel ini tidak terlambat dan bisa bermanfaat untuk pembaca / pengikut setia paudbfqnaskdb.blogspot.com.

Para sahabat setia yang masih bingung untuk mengeceknya silahkan ikuti langkah saya di bawah ini, dan saya akan memberikan sebuah tahap demi tahap dengan Gambar :

Pertama :
Silahkan sobat masuk ke alamat pengecekan Peserta UKG Online dan halaman tersebut disediakan untuk memberikan informasi Mata Pelajaran UKG dan TUK bagi peserta UKG 2015 tahap 2. SILAHKAN KLIK DI SINI ....

Gambar : Tampilan Pertama
Untuk Memperbesar Gambar Silahkan Sorotkan Kursornya Ke Gambar
Keterangan : 
1. Silahkan Masukkan NUPTK/No. Peserta (Jika yang sudah memiliki) Lalu Klik Cari
2. Bagi sahabat yang belum mempunyai NUPTK/No. Peserta Silahkan Masukkan Nama 
3. Silahkan Ketik Kabupaten Masing-masing, Contoh "Kab. Lebak" jangan Lupa Klik "Cari"

Kedua :
Jika sudah melakukan langkah-langkah seperti di atas, kemudian akan tampil seperti halnya Gambar di Bawah ini :
Gambar : Silahkan Pilih Tanda Kaca Pembesar
(Untuk Memperbesar Gambar Silahkan Sorotkan Kursornya Ke Gambar)
 Ketiga :
Silahkan Lihat Informasi Peserta UKG nya seperti Nomor Peserta, NUPTL, Nama, Jenis Kelamin, Mapel yang Diampuh - Institusi, NPSN, Alamat Sekolah, Kec. Kab. - Uji Kompetensi : Mapel UKG, TUK, Gelombang dan Mapel yang Diampu, seperti Contoh Gambar di Bawah ini :
Gambar : Informasi Detile Peserta UKG Online
(Untuk Memperbesar Gambar Silahkan Sorotkan Kursornya Ke Gambar)
Demikian informasi yang bisa saya bagikan, mudah-mudahan artikel Ayo Cek Peserta UKG Online Tahap 2 untuk PAUD, bermanfaat bagi sahabat setia blog ini. Terimakasih

Manasik Haji Sangat Perlu Dilaksanakan Sejak Dini

Gambar : Simulasi Ka'bah
Salam Sejahtera - Halo sobat saya sudah lama sekali tidak Update Artikel, sebelumnya saya banyak mengepos tentang permasalahan-permasalahan Pendataan Pendidikan Anak Usia Dini melalui Dapodikpaudni dan Dikmas, tapi pada kesempatan ini saya akan memberikan sebuah artikel "Manasik Haji Sangat Perlu Dilaksanakan Sejak Dini". Kenapa saya tertarik menulis Judul Tersebut ...!! sebab setelah saya telusuri kegiatan rutinitas pada Pendidikan Anak Usia Dini ini atau bisa dikatakan Kegiatan Tahunan yang biasa dilaksanakan di Kecamatan masing-masing bahkan tingkat kabupaten, kegiatan Rutinitas PAUD yang sering dilaksanakan adalah Kegiatan Manasik Haji.

Di Kecamatan Banjarsari juga sudah menjadwalkan tiap tahunnya bahkan mereka sudah mempunyai Agenda terseniri untuk kegiatan manasik Haji Pendidikan Anak Usia Dini, bahkan Kepala Desa pun sangat mendukung dalam pendanaannya, sehingga panitia sudah menetapkan Kepala Desa sebagai Donatur aktif.

Sebelum ke topik permasalahan "Manasik Haji Sangat Perlu Dilaksanakan Sejak Dini". maka timbullah sebuah pertanyaan Apa sih Manasik Haji Itu ..???., sedikit saya akan jelaskan. 

Jawaban:
Kata manasik yang diambil dari fi’il madi nasaka yansuku naskan itu digunakan dalam empat arti dan makna. Pertama, dapat diartikan sebagai peribadatan (ibadah) secara umum, ini seperti pengertian dalam firman Allah: “Katakanlah; sesungguhnya salat, ibadah (nusuk), kematian dan kehidupanku itu adalah menjadi otoritas Allah yang menguasi alam semesta.” (Qs. al-An’am [6]: 163).

Kedua, bisa berarti sembelihan yang ditujukan untuk mendekatkan diri (taqarrub) pada Allah dalam kaitannya dengan ibadah haji. Ini seperti tersebut dalam firman Allah: “Sempurnakan haji dan umrah itu karena Allah. Jika Anda terkepung maka sembelihlah binatang ternak (hadyu) yang mudah didapat. Dan janganlah Anda memotong rambut sehingga binatang ternak tersebut sampai ke tempatnya. Barang siapa di antara Anda itu jatuh sakit atau rambut kepalanya itu gatal maka ia wajib membayar denda: berupa puasa atau sedekah atau sembelihan (nusuk)…” (Qs. al-Baqarah [2]: 196).

Ketiga, bisa berarti peribadatan khusus yang terkait dengan ibadah haji dan umrah yakni seluruh amalan yang terkait dengan ibadah haji dan umrah baik yang rukun, wajib dan sunah itu dapat disebut sebagai manasik. Pengertian inilah yang dimaksud dalam firman Allah: “Jika Anda telah menyelesaikan seluruh rangkaian manasik, maka berzikirlah pada Allah seperti Anda mengingat nenek moyang Anda atau lebih dahsyat dari pengingatan Anda pada nenek moyang itu.” (Qs. al-Baqarah [2]: 200).

Keempat, manasik atau mansak bisa berarti cara beribadah yang dilakukan oleh semua umat beragama, baik itu Kristen, Yahudi, Hanifiyah maupun Islam. Pengertian ini bisa dipahami dari firman Allah: “Setiap bangsa (umat) Kami ciptakan cara ibadah (mansakan) agar mereka dapat menyebut/berzikir asma Allah bagi diterimanya rizki berupa binatang ternak yang Allah berikan pada mereka; maka Tuhan Anda itu adalah Tuhan yang Maha Esa.” (Qs. al-Hajj [22]: 34).

Sumber : http://www.bangsaonline.com/

Demikian penjelasan sederhana tentang Manasik Haji Sangat Perlu Dilaksanakan Sejak Dini, dan mudah-mudahan Artikel ini bermanfaat. Terimakasih

PENGUMUMAN CUT OFF TAHAP I

CUT OFF TAHAP I
Cut off tahap I akan dilakukan pada tagl 10 November 2015 pukul 18:00 WIB. Setelah pukul 18:00 WIB maka semua data yang diterima tidak diproses. Ditjen PAUD-DIKMAS akan melakukan proses pengambilan data per-cut off tahap I. Setelah proses pengambilan data selesai maka proses import data akan dilanjutkan, data yang diimpor setelah cut off tahap I akan masuk database Pendataan DAPODIK PAUD-DIKMAS Tahap II.
Pengumuman "CUT OFF TAHAP I"
Selama pengambilan data satuan pendidikan tetap dapat melakukan proses registrasi dan sinkronisasi, akan tetapi data tidak akan masuk ke database Pendataan DAPODIK PAUD-DIKMAS Tahap I.


Daftar Tanggal Dan Peringatan Hari Besar Nasional Lengkap

Contoh : Image Daftar Tanggal dan Peringatan
Salam Sejahtera - Berikut  adalah ini Daftar Tanggal dan Peringatan Hari  Bersejarah yang dianggap penting untuk diingat dan diperingati setiap bulan :

No.    Tanggal      Nama Hari Penting
1. BULAN  JANUARI
01    01 Januari    Tahun Baru    
02    03 Januari    Hari Departemen Agama    
03    05 Januari    Hari Korps Wanita Angkatan Laut (KOWAL)    
04    05 Januari    Hari Ulang Tahun Partai Persatuan Pembangunan (PPP)    
05    10 Januari    Hari Gerakan Satu Juta Pohon    
06    10 Januari    Hari Ulang Tahun Partai Demokrasi Indonesia (PDI)    
07    10 Januari    Hari Tritura    
08    15 Januari    Hari Darma Samudra    
09    25 Januari    Hari Gizi Dan Makanan    
10    25 Januari    Hari Kusta Internasional    
11    31 Januari    Hari Lahir Nahdlatul Ulama (NU)    
2. BULAN FEBRUARI
12    02 Februari    Hari Lahan Basah Sedunia    
13    04 Februari    Hari Kanker Dunia    
14    05 Februari    Hari Ulang Tahun Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)
15    05 Februari    Peristiwa Kapal Tujuh Provinsi (Zeven Provinciën)     
16    09 Februari    Hari Pers Nasional    
17    09 Februari    Hari Kavaleri    
18    09 Februari    Hari Persatuan Wartawan Indonesia    
19    13 Februari    Hari Persatuan Farmasi Indonesia    
20    14 Februari    Hari Peringatan Pemberontakan Pembela Tanah Air (PETA) 
21    15 Februari    Hari Kanker Anak-anak Sedunia    
22    19 Februari    Hari KOHANUDNAS    
23    20 Februari    Hari Keadilan Sosial Sedunia    
24    21 Februari    Hari Bahasa Ibu Internasional    
25    22 Februari    Hari Kepanduan Sedunia    
26    22 Februari    Hari Istiqlal    
27    23 Februari    Hari Rotary Club    
28    28 Februari    Hari [Gizi] Nasional Indonesia  
3. BULAN MARET
29    01 Maret    Peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949    
30    05 Maret    Hari Konvensi CITES (Perdagangan Satwa Liar)    
31    06 Maret    Hari KOSTRAD
32    08 Maret    Hari Perempuan Internasional    
33    09 Maret    Hari Wanita Indonesia
34    09 Maret    Hari Musik Nasional    
35    10 Maret    Hari Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI)    
36    11 Maret    Hari Surat Perintah 11 Maret     
37    15 Maret    Hari Hak Konsumen Sedunia    
38    17 Maret    Hari Perawat Nasional    
39    18 Maret    Hari Arsitektur Indonesia    
40    20 Maret    Hari Dongeng Sedunia
41    21 Maret    Hari Puisi Sedunia    
42    21 Maret    Hari Down Syndrome    
43    21 Maret    Hari Hutan Sedunia    
44    22 Maret    Hari Air Sedunia    
45    23 Maret    Hari Meteorologi Sedunia    
46    24 Maret    Hari Peringatan Bandung Lautan Api    
47    24 Maret    Hari Tuberkulosis Sedunia    
48    27 Maret    Hari Teater Internasional    
49    30 Maret    Hari Film Indonesia    
4. BULAN APRIL
50    01 April    Hari Bank Dunia    
51    02 April    Hari Peduli Autisme Sedunia    
52    02 April    Hari Buku Anak Sedunia    
53    06 April    Hari Nelayan Indonesia
54    07 April    Hari Kesehatan Internasional    
55    09 April    Hari Tentara Nasional Indonesia - Angkatan Udara (TNI AU)    
56    15 April    Hari Zeni    
57    16 April    Hari KOPASSUS (Komando Pasukan Khusus)    
58    17 April    Hari Hemophilia Sedunia    
59    18 April    Hari Peringatan Konferensi Asia-Afrika di Bandung    
60    19 April    Hari Pertahanan Sipil (HANSIP)
61    21 April    Hari Kartini    
62    22 April    Hari Bumi    
63    22 April    Hari Pohon    
64    23 April    Hari Buku Sedunia    
65    24 April    Hari Angkutan Nasional    
66    24 April    Hari Solidaritas Asia-Afrika    
67    25 April    Hari Malaria Sedunia    
68    26 April    Hari Kekayaan Intelektual Sedunia    
69    27 April    Hari Pemasyarakatan Indonesia    
70    28 April    Hari Puisi Nasional
71    28 April    Hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja Internasional    
72    29 April    Hari Tari Internasional   
5. BULAN MEI
73    01 Mei            Hari Buruh Sedunia    
74    01 Mei            Hari Peringatan Pembebasan Irian Barat
75    02 Mei            Hari Pendidikan Nasional    
76    03 Mei            Hari Surya    
77    03 Mei            Hari Pers Sedunia    
78    04 Mei            Hari Pemadam Kebakaran Internasional    
79    05 Mei            Hari Lembaga Sosial Desa (LSD)    
80    05 Mei            Hari Bidan Internasional
81    21 Mei            Hari Dialog dan Pengembangan Perbedaan Budaya Sedunia   
6. BULAN JUNI
82    21 Juni           Hari Krida Pertanian    
83    23 Juni           Hari Konvensi Bonn  
7. BULAN JULI
84    01 Juli            Hari Bhayangkara    
85    05 Juli            Hari Bank Indonesia    
86    09 Juli            Hari Satelit Palapa    
87    11 Juli            Hari Populasi Sedunia    
88    12 Juli            Hari Koperasi Indonesia    
89    14 Juli            Hari Revolusi Perancis
90    17 Juli            Hari Integrasi Timor Timur    
91    17 Juli            Hari Keadilan Internasional    
92    22 Juli            Hari Kejaksaan    
93    23 Juli            Hari Anak Nasional    
94    23 Juli            Hari Tanpa Tivi    
95    23 Juli            Hari Waspada Cacing    
96    29 Juli            Hari Bhakti TNI Angkatan Udara    
97    30 Juli            Hari Ikrar Gerakan Pramuka
8. BULAN AGUSTUS
98    01 Agustus      Hari ASI Sedunia    
99    05 Agustus      Hari Dharma Wanita    
100    06 Agustus    Hari Peringatan Bom Hiroshima - Nagasaki
101    08 Agustus    Hari Ulang Tahun ASEAN    
102    09 Agustus    Hari Masyarakat Adat Internasional     
103    10 Agustus    Hari Veteran Nasional
104    12 Agustus    Hari Remaja Internasional    
105    13 Agustus    Hari Pengguna Tangan Kiri Internasional    
106    14 Agustus    Hari Pramuka (Praja Muda Karana)    
107    17 Agustus    Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia    
108    18 Agustus    Hari Konstitusi Republik Indonesia    
109    19 Agustus    Hari Departemen Luar Negeri Indonesia    
110    21 Agustus    Hari Maritim Nasional    
111    24 Agustus    Hari Ulang Tahun TVRI    
112    24 Agustus    Hari Anak Jakarta Membaca    
113    30 Agustus    Hari Internasional Penghilangan Paksa
9. BULAN SEPTEMBER
114    01 September    Hari Jantung Dunia    
115    01 September    Hari Polisi Wanita (POLWAN)    
116    03 September    Hari Palang Merah Indonesia    
117    04 September    Hari Pelanggan Nasional    
118    04 September    Hari Jilbab Internasional    
119    08 September    Hari Aksara Internasional    
120    08 September    Hari Pamong Praja
121    08 September    Hari Rabies Sedunia    
122    09 September    Hari Ulang Tahun Partai Demokrat    
123    09 September    Hari Olah Raga Nasional    
124    11 September    Hari Radio Republik Indonesia    
125    14 September    Hari Kunjung Perpustakaan    
126    15 September    Hari Demokrasi Internasional    
127    16 September    Hari Ozon Internasional    
128    17 September    Hari Perhubungan Nasional    
129    17 September    Hari Palang Merah Nasional    
130    19 September    Hari Internasional Berbicara Seperti Bajak Laut
131    21 September    Hari Perdamaian Internasional    
132    21 September    Hari Alzheimer Sedunia    
133    22 September    Hari Bebas Kendaraan Bermotor    
134    24 September    Hari Tani    
135    26 September    Hari Bahasa Eropa    
136    26 September    Hari Kontrasepsi Sedunia    
137    27 September    Hari Bakti Pos dan Telekomunikasi    
138    27 September    Hari Pos Telekomunikasi Telegraf (PTT)
139    28 September    Hari Kereta Api    
140    28 September    Hari Jantung Sedunia    
141    28 September    Hari Hak Untuk Mendapatkan Informasi    
142    29 September    Hari Sarjana Indonesia    Detail
143    30 September    Hari Peringatan Pemberontakan G30S/PKI
144    30 September    Hari Penerjemah Internasional
10. BULAN OKTOBER
145    01 Oktober    Hari Kesaktian Pancasila    
146    01 Oktober    Hari Vegetarian Sedunia    
147    01 Oktober    Hari Lanjut Usia Internasional    
148    02 Oktober    Hari Tanpa Kekerasan Internasional    
149    02 Oktober    Hari Hewan Ternak Sedunia    
150    02 Oktober    Hari Batik Nasional dan Hari Batik Dunia    
151    04 Oktober    Hari Hewan Sedunia    
152    05 Oktober    Hari Tentara Nasional Indonesia (TNI)    
153    05 Oktober    Hari Guru Sedunia    
154    09 Oktober    Hari Surat Menyurat Internasional    
155    09 Oktober    Hari Pos Dunia    
156    10 Oktober    Hari Kesehatan Jiwa Sedunia    
157    10 Oktober    Hari Internasional Menentang Hukuman Mati    
158    14 Oktober    Hari Penglihatan Dunia    
159    15 Oktober    Hari Hak Asasi Binatang    
160    15 Oktober    Hari Wanita Pedesaan Sedunia 
161    15 Oktober    Hari Mencuci Tangan Dengan Sabun Sedunia    
162    16 Oktober    Hari Pangan Sedunia    
163    17 Oktober    Hari Pengentasan Kemiskinan Internasional    
164    18 Oktober    Hari Perpustakaan Sekolah Internasional    
165    20 Oktober    Hari Ulang Tahun Golongan Karya    
166    20 Oktober    Hari Osteoporosis Sedunia    
167    24 Oktober    Hari Dokter Indonesia    
168    24 Oktober    Hari Ulang Tahun Perserikatan Bangsa-bangsa    
169    27 Oktober    Hari Penerbangan Nasional    
170    27 Oktober    Hari Listrik Nasional    
171    28 Oktober    Hari Sumpah Pemuda    
172    30 Oktober    Hari Keuangan
173    8 Oktober    Hari Tata Ruang Nasional
11. BULAN NOVEMBER
174    03 November    Hari Kerohanian    
175    05 November    Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional    
176    06 November    Hari Internasional Bagi Penyelamatan Lingkungan Dari
                                    Perang dan Konflik Bersenjata    
177    09 November    Hari Penemu    
178    09 November    Hari Kebebasan Sedunia    
179    10 November    Hari Ganefo    
180    10 November    Hari Pahlawan
181    12 November    Hari Kesehatan Nasional    
182    14 November    Hari Brigade Mobil (BRIMOB)    
183    14 November    Hari Diabetes Sedunia    
184    16 November    Hari Toleransi Internasional    
185    17 November    Hari Suez    
186    17 November    Hari Pelajar Internasional    
187    17 November    Hari Kanker Paru-Paru Sedunia    
188    19 November    Hari Geographic Information Systems    
189    19 November    Hari Pria Internasional
190    20 November    Hari Anak Internasional
191    21 November    Hari Pohon    
192    21 November    Hari Halo Sedunia    
194    22 November    Hari Perhubungan Darat    
195    24 November    Hari Evolusi    
196    25 November    Hari Guru (PGRI)    
197    25 November    Hari Internasional Kekerasan Terhadap Perempuan
198    26 November    Hari Tanpa Belanja    
199    28 November    Hari Menanam Pohon Indonesia    
200    29 November    Hari ulang tahun KORPRI 
201    29 November    Hari Solidaritas Internasional Bagi Rakyat Palestina    
202    8 November     Hari Perencanaan Kota Dunia
12. BULAN DESEMBER    
203    01 Desember    Hari Artileri    
204    01 Desember    Hari AIDS Sedunia    
205    02 Desember    Hari Internasional Untuk Penghapusan Perbudakan    
206    02 Desember    Hari Konvensi Ikan Paus    
207    03 Desember    Hari Bakti PU    
208    03 Desember    Hari Penyandang Cacat Internasional    
209    05 Desember    Hari Internasional Sukarelawan    
210    07 Desember    Hari Penerbangan Sipil Internasional    
211    09 Desember    Hari Armada Republik Indonesia    
212    10 Desember    Hari Hak Asasi Manusia    
213    10 Desember    Hari Hak Asasi Binatang    
214    11 Desember    Hari Gunung Internasional    
215    12 Desember    Hari Transmigrasi    
216    13 Desember    Hari Nusantara    
217    15 Desember    Hari Juang Kartika TNI-AD    
218    18 Desember    Hari Migran Internasional    
219    19 Desember    Hari Bela Negara    
220    19 Desember    Hari Trikora
221    19 Desember    Hari Kerjasama Selatan-Selatan    
222    20 Desember    Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional    
223    20 Desember    Hari Solidaris Kemanusiaan Internasional    
224    22 Desember    Hari Ibu


Demikian informasi yang bisa saya bagikan tentang Daftar Tanggal Dan Peringatan Hari Besar Nasional Lengkap, mudah-mudahan bermanfaat.