Tahapan Literasi Anak Membaca dan Menulis

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Tahapan Literasi Anak Membaca dan MenulisSebelumnya saya membuat artikel tentang Tips Menjaga Kesehatan Gizi Anak Usia Dini dan pada kesempatan ini saya akan membahas kita telah membahas hal-hal yang melatarbelakangi pentingnya kita membahas tahapan Literasi anak. Salah satunya karena orang tua dan sekolah yang menuntut anak yang akan masuk sekolah dasar harus sudah menguasai kemampuan membaca, menulis, dan berhitung. Tentu saja ini tidak sesuai dengan perkembangan psikologi anak dimana seharusnya ia bermain dan mengembangkan kemampuan berbahasanya. Bukannya setiap hari malah dipaksa untuk menulis, membaca, dan berhitung.
Tahapan Literasi Anak Membaca dan Menulis
Untuk memahami apakah ini baik atau tidak untuk anak, maka kita harus terlebih dahulu memahami tahap literasi anak, sebagai berikut:

Usia Anak 2-4 tahun
Tugas perkembangan anak pada masa ini adalah mengembangkan kemampuan bicara dan bahasanya. Perkembangan kemauan berbahasa, ini nantinya akan berpengaruh pada kemampuannya untuk membaca. 

Persiapan belajar menulis juga sudah ada di usia ini, yaitu dengan mempelajari keterampilan motorik halus dasar. Keterampilan-keterampilan ini dapat dilatih kan dengan menarik garis putus-putus pada gambar dan tulisan, serta mewarnai.

Usia 4-5 tahun: Pre-reading skills
Pengenalan pada dasar-dasar menulis sebaiknya diberikan pada usia ini. Contoh tindakannya antara lain : Pengenalan bentuk huruf dan angka, Mencocokkan bunyi-bunyi di awal dan akhir sebuah kata, Mendengarkan syair-syair lagu, serta mengenalkan bagian-bagian buku. Setelah anak dapat membedakan kosa kata dan pemenggalannya, anak akan menjadi lancar berbicara. Pada tahap ini, anak mulai tertarik menulis menggunakan alat tulis dan merasa lebih nyaman.

Tahap literasi anak bukan saja berhenti sampai usia lima tahun. Masih ada tahap literasi anak membaca dan menulis usia selanjutnya.

Demikian artikel yang bisa saya tulis melalui blog sederhana ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua, khususnya pembaca artikel ini. Terimakasih

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

0 Response to "Tahapan Literasi Anak Membaca dan Menulis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel