-->
Home » » Kegiatan Pengembangan Dapodik PAUD-DIKMAS Tahun 2015

Kegiatan Pengembangan Dapodik PAUD-DIKMAS Tahun 2015


Perancangan Instrumen & Struktur Database PAUD

DAPODIK yang valid dan akurat serta terintegrasi secara Realtime ke DAPODIK melalui Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP) Kemendikbud sangat dibutuhkan kementerian. Integrasi data PAUDNI ke DAPODIK dilakukan untuk semua program PAUDNI meliputi program PAUD, DIKMAS, dan LKP, walaupun saat ini masih diprioritaskan untuk program PAUD.

Sebagai tahap awal pelaksanaan pengembangan DAPODIK PAUDDIKMAS tahun 2015, sekaligus untuk mereview formulir/instrument DAPODIK dan pemetaan mutu yang telah disusun pada tahun 2014, perlu disusun dan dirancang formulir / instrumen serta struktur data basenya. Persiapan ini dilakukan melalui kegiatan review pengembangan formulir/instrumen, serta fi nalisasi struktur DAPODIK PAUDNI dengan melibatkan unsur terkait, antara lain Tim DAPODIK Ditjen PAUDNI (Setditjen PAUDNI dan Direktorat terkait, tim DAPODIK PDSP dan Tim Pengembang DAPODIK Kemendikbud).

Gambaran Aplikasi Dapodik PAUDNI
Review formulir/instrumen ini dilakukan untuk merancang dan memfi nalkan formulir/instrumen pendataan program PAUD yang terintegrasi dengan DAPODIK, memfi nalkan struktur database PAUDDIKMAS, menyusun formulir/instrumen LKP dan DIKMAS yang terintegrasi serta melakukan review untuk formulir/instrumen pemetaan mutu PAUDNI yang didasarkan formulir/instrumen tahun 2014. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada bulan Januari 2015 dan Februari 2015.

Perancangan struktur database meliputi rancangan, penyesuaian struktur data, pengisian data referensi dan MOCK UP aplikasi DAPODIK. Untuk mempersiapkan pengembangan pendataan Dikmas dan LKP yang terintegrasi dengan DAPODIK juga akan dirancang dan disusun formulir/ instrumen untuk program dikmas meliputi lembaga PKBM, TBM dan RUMPIN serta formulir / instrumen untuk lembaga kursus dan pelatihan.

Pengembangan Apliksi Back-end & Front-end PAUD
1. Aplikasi front-end untuk satuan PAUD-DIKMAS meliputi pengembangan aplikasi DAPODIK PAUD (client/lembaga). Aplikasi back-end meliputi pengembangan migrasi data existing dengan struktur database DAPODIK dan pengembangan aplikasi\ sinkronisasi antara database PAUD-DIKMAS dengan PDSP.
2. Aplikasi Sinkronisasi merupakan aplikasi yang berfungsi melakukan/ pengiriman data dari client ke server DAPODIK. Hal ini meliputi pengembangan siknronisasi di sisi client maupun di sisi server.
3. Aplikasi manajemen DAPODIK merupakan aplikasi yang digunakan oleh Tim DAPODIK PAUD-DIKMAS provinsi, kabupaten/kota dan satuan PAUD-DIKMAS. Aplikasi ini digunakan untuk memonitor kemajuan/perkembangan pengiriman data dari satuan pendidikan. Selain itu juga menyediakan installer dan updater aplikasi serta berita seputar DAPODIK.
4. Aplikasi Manajemen Helpdesk, merupakan aplikasi yang memberikan layanan konsultasi pengguna DAPODIK untuk operator di tingkat dinas pendidikan provinsi dan kabupaten/kota maupun di tingkat satuan pendidikan.

Penyiapan SDM dan Infrastruktur DAPODIK PAUD
Penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) dan infastruktur DAPODIK PAUD berupa Tim DAPODIK merupakan salah satu bagian yang penting di dalam pengembangan DAPODIK PAUD-DIKMAS.
Tugas tim DAPODIK antara lain mengkoordinasikan dan mengontrol pelaksanaan pengelolaan DAPODIK di tingkat provinsi, kabupaten/ kota dan satuan pendidikan. Kegiatan pertama adalah pembentukan tim DAPODIK yang meliputi : (1) Penanggung jawab/koordinator; (2) Tim DAPODIK Pusat yang terdiri dari tim DAPODIK Ditjen PAUDNI; (3) Tim pengembang DAPODIK; (4) Tim help desk (manajemen help desk yang didukung oleh Aplikasi help desk dan panduan sistem aplikasi); (5) Tim DAPODIK provinsi; (6) Tim DAPODIK kabupaten/kota.

Untuk Lebih jelasnya silahkan Download Petunjuk Teknis DAPODIK PAUD-DIKMAS di Bawah ini : 

Ditulis Oleh : Azzahra Assyifa ~ www.paudbfqnaskdb.blogspot.com

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang Kegiatan Pengembangan Dapodik PAUD-DIKMAS Tahun 2015. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Facebook Admin! ::

0 komentar:

Post a Comment