-->
Home » » Meningkatkan Semangat dan Profesionalitas Pegawai

Meningkatkan Semangat dan Profesionalitas Pegawai

Asal atasan senang (to make boss looks good) bukan lagi zaman dunia kerja saat ini. Tuntutan Persaingan saat ini lebih dari itu. Manajemen profesional yang watak dasanya adalah otonom, menempatkan system aturan main sebagai acuan menciptakan nilai lebih. Sehingga memberi kemanfaatan baik bagi internal dan eksternal yang dapat meningkatkan SDM dalam sikap mental, perilaku, pengetahuan dan keterampilan yang mampu memberikan kesejahteraan bagi semua pihak.

Semangat dan profesionalitas kerja pegawai harus dijaga dan ditingkatkan. Karena setiap pekerja baik di instansi pemerintah maupun swasta semakin dihadapkan pada masalah tingginya persaingan global saat ini. Dimana lintasan arus informasi yang sangat cepat menuntut pegawai agar sanggup beradaptasi untuk melakukan penyesuaian di segala segi.
Kemampuan SDM dan teamwork yang baik akan bisa menghasilkan manajemen yang efektif pada suatu perusahaan/instansi. Untuk itu, peningkatan kemampuan SDM berkenaan dengan perilaku baik individu maupun tim sangat dibutuhkan. Keberhasilan bekerja dalam satu tim membutuhkan suatu pelatihan agar memiliki kemampuan, keterampilan, dan kemauan bekerja sebagai satu tim.
Keunggulan organisasi berbasis tim dikarenakan makin terspesialisasinya kemampuan yang dimiliki oleh seseorang. “ Kenyataan ini menunjukkan kedalaman kompetensi dan independensi kerja, tetapi sekaligus juga mengindikasikan makin tingginya saling ketergantungan antar individu, antar unit, antar bagian, dan seterusny agar sasaran akhir perusahaan dapat dicapai, “terang Drs. Suyatno, MM, Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Direktorat Pembinaan PTK PAUDNI.
Selanjutnya Suyatno mengatakan, untuk mencapainya dibutuhkan upaya memperkuat organsasi internal, baik system maupun prosesnya dengan mengembangkan keterampilan manajerial  dan berorganisasi serta kerja sama (team work skill) SDM. Tujuannya untuk menghasilakn SDM yang profesional.
Sikap profesional bagi seorang pegawai saat ini wajib diperlukan. Apalagi pegawai yang mengabdi di seputar layanan publik. Oleh sebab itu, dibutuhkan sikap dan perilaku profesionalisme meliputi adanya komitmen yang utuh dari setiap anggota. Terbentuknya pola perilaku yang berkarakter dalam melakukan tugas yang penuh disiplin dan bertanggungjawab. Semangat kerja dengan membangun team yang solid didasari saling pengertian, kerja sama, koordinasi, dan menghargai perbedaan serta selalu mengutamakan tugas. Di samping itu kematangan emotional Question (EQ) sangat dibutuhkan pula.
Oleh karena hal itulah, Direktorat PPTK PAUDNI melalui Subbag Tata Usaha mengadakan kegiatan Peningkatan Profesionalisme Tenaga PPTK PAUDNI. Acara tersebut telah dilaksanakan pada bulan Februari 2014 yang bertempat di Jawa Barat.
Memberdayakan kemampuan diri adalah hasil yang diharapkan melalui kegiatan peningkatan kompetensi pegawai kali ini. Sebab, berdayanya kemampuan diri yang menunjukkan kualitas kebiasaan pegawai dalam mengatur segala sesuatu dengan aturan atau prinsip yang mendasar. Meningkatnya daya kemampuan dalam mengadaptasi berbagai pengetahuan subtansial dalam mengambil keputusan, dapat ditumbuhkan dalam self leadership dan kebersamaan di alam terbuka.
Terampil dalam merumuskan analisis kebijakan agar peserta dapat mengambil keputusan yang cepat dan efektif. Terbentuknya tim kerja yang solid penuh kesadaran disiplin tinggi, terciptanya kesamaan persepsi, dan terbagunnya pikiran dan sikap keterbukaan. Terakhir, perserta dapat memahami pentingnya system, prosedur, dan proses pencapaian tujuan secara praktis, efisien, dan efektif.[]Ajn/disarikan dari majalah MISI
Sumber : http://pptkpaudni.kemdikbud.go.id/

Ditulis Oleh : Azzahra Assyifa ~ www.paudbfqnaskdb.blogspot.com

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang Meningkatkan Semangat dan Profesionalitas Pegawai. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Facebook Admin! ::

0 komentar:

Post a Comment