-->

Sponsor

Postingan Artikel

Home » » SOSIALISASI KURIKULUM 2013 PAUD

SOSIALISASI KURIKULUM 2013 PAUD

Pemerintah pada tahun ajaran 2014, sudah mulai memberlakukan ketentuan baru yaitu Kurikulum 2013 PAUD, pengembangan kurikulum 2013 telah dilakukan melalui beberapa tahap yang melibatkan berbagai unsur yang kompeten dengan kurikulum PAUD, revisi kurikulum tersebut bertujuan untuk mewujudkan kurikulum yang sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat guna mengantisipasi perkembangan jaman.

Kurikulum 2013 PAUD adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi maupun bahan pelajaran serta cara penyampaian dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar di satuan PAUD. Perubahan sebuah kurikulum telah banyak terfokus pada pengubahan dokumen saja, tetapi terkait dengan pelaksanaan pembelajaran, penciptaan suasana belajar, cara evaluasi/asesmen pembelajaran.

Dalam proses pembelajaran kurikulum merupakan salah satu komponen yang sangat penting, setelah guru dan sarana/prasarana pendidikan lainnya. Kurikulum digunakan sebagai acuan dalam penyelenggaraan pendidikan dan sekaligus sebagai salah satu indikator mutu pendidikan.

Atas dasar penjelasan diatas maka implementasi kurikulum sangat ditentukan oleh semua lapisan masyarakat yang terkait dengan pendidikan, baik secara langsung maupun tidak langsung, baik sebagai pegambil kebijakan, pelaksana, pengendali mutu. Selain itu masyarakat umum hendaknya juga memiliki pemahaman yang baik terhadap perubahan kebijakan tentang kurikulum tersebut. Dengan kesetaraan pemahaman tersebut seluruh upaya peningkatan mutu pendidikan nasional sudah seharusnya mendapat dukungan dari segala pihak untuk mencapai keberhasilan.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan penyamaan persepsi terhadap implementasi kurikulum 2013 PAUD. Mensosialisasikan Kurikulum 2013 dan program pembinaan PTK PAUD NI.

Kegiatan sosialisasi diharapkan mampu memberikan pemahaman dan penyamaan persepsi terhadap seluruh peserta, khususnya terkait dengan :
1. Kerangka dasar struktur kurikulum
2. Modul pembelajaran dan penilaian serta praktek pembelajaran
3. Pengelolaan kelas dan SOP satuan pembelajaran
4. Pendekatan saintifik
5. Adanya rencana aksi yang akan dilakukan dalam menyampaikan implementasi kurikulum 2013 PAUD
6. Adanya gambaran statistik/mekanisme implementasi kurikulum 2013 PAUD
7. Adanya strategi penjaminan mutu penilik terhadap implementasi kurikulum 2013

Kegiatan sosialisasi Kurikulum 2013 PAUD ini dilaksanakan selama 3 hari yaitu tanggal 5 s.d 7 November 2014 di Lombok NTB dengan melibatkan unsur Dit. PPTK PAUD NI, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Penilik, IGTKI, HIMPAUDI, Praktisi serta menghadirkan narasumber terkait untuk memberikan arahan tentang Kurikulum 2013.

Narasumber pada Kegiatan Sosialiasi Kurikulum 2013 PAUD ini adalah:
1. Dr. Nugaan Yulia Wardhani Siregar, M.Psi (Direktur P2TK PAUDNI);
2. Dr. Erman Syamsudin, SH, M.Pd. (Direktur Pembinaan PAUD);
3. Drs. Nasrudin, (Kasubdit PTK PAUD);
4. Dr. Kastum, M.Pd. (Kasubdit PTK Kursus dan Pelatihan);
5. Drs. Abubakar Umar, M.Pd. (Kasubdit PTK Dikmas);
6. Sari Rahayu Setyaningrum, S.Gz., M.KM (Direktorat Pembinaan PAUD);
7. Gunarti Dwilestari (Dosen UNESA – Surabaya);
8. Dedy Mustofa (Praktisi PAUD);
9. Ali Nugroho (Akademisi);

Materi-Materi yang disajikan pada Sosialisasi Kurikulum 2013 PAUD ini Bisa Di Download Di Bawah ini :

Ditulis Oleh : Azzahra Assyifa ~ www.paudbfqnaskdb.blogspot.com

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang SOSIALISASI KURIKULUM 2013 PAUD. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Facebook Admin! ::

0 komentar:

Post a Comment